KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Makin Gemuk Saat Menstruasi? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya!

Jum'at, 14 Juli 2017 11:30 Penulis: Febi Anindyakirana
Tubuh jadi makin berat saat menstruasi/ copyright by Pixabay.com

Vemale.com - Selama masa menstruasi, ternyata kamu bukan hanya mengalami kram perut, pusing dan mood swing, tapi juga bertambahnya berat badan. Wah, efek yang satu ini pasti tak disukai para wanita.

Apa penyebab bertambahnya berat badan saat menstruasi?
Sebenarnya tidak begitu jelas mengapa kamu jadi makin gemuk saat haid, tapi umumnya karena perubahan hormon sebelum, selama dan setelah menstruasi. Ilmuwan Anna Druet, mengatakan bahwa beberapa wanita mengalami retensi gas dan sembelit karena progesteron yang menghambat pencernaan.

Atau justru mengalami diare yang disebabkan oleh senyawa mirip hormon bernama prostaglandin yang membuat kram rahim saat menstruasi. Tapi tenang, bertambahnya berat badan ini seringkali hanya sementara. Terkadang hormon estrogen atau hormon stres kortisol juga dapat menyebabkan garam dan air ditahan di dalam tubuh sehingga kamu makin berat.

Makin berat saat menstruasi, makan lah makanan sehat/ copyright by Pixabay.com

Bagaimana cara mencegahnya?
Tapi jika kamu tak ingin makin berat selama menstruasi, cara mengatasinya adalah dengan makan sehat dan olahraga.

  • Yogurt atau kefir: Bakteri baik akan membantu pencernaan lancar dan mencegah kembung, sembelit atau diare. 
  • Bayam: Makan lah makanan tinggi magnesium seperti bayam karena bisa membantu meregangkan otot tegang dan meredakan kram otot selama menstruasi.
  • Cokelat: Makanan enak ini juga tinggi magnesium dengan jumlah 176 gr per 100 gr-nya. Bukan hanya bisa membuat otot rileks, tapi juga membantu membuat suasana hatimu tetap bahagia.
  • Air putih: Cukupi kebutuhan cairan tubuh, karena tubuh dehidrasi bisa memperparah kram. Minum air putih hangat di pagi hari dan selama menstruasi untuk mencegah kram.

Jadi jangan kaget ketika kamu menimbang berat badan saat menstruasi dan mengetahui berat badanmu jadi naik 2-3 kg, karena itu efek hormonal. Tapi kamu tetap bisa mengatasinya kok ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Tampil Berani Dengan Lipstick Cathy Sharon X Urban Lips