KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

5 Cara Mudah Mencegah Kanker Payudara Agar Tidak Tumbuh Lagi

Jum'at, 14 Juli 2017 11:00 Penulis: Rohmitriasih
Tumbuhnya sel kanker dalam tubuh bisa dicegah dengan pola hidup sehat | Copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sampai saat ini, kanker payudara masih menjadi salah satu penyakit paling ditakuti oleh kaum hawa. Ini mengingat bahwa kanker payudara sangat mematikan, bisa menyerang siapa saja, usia berapa saja dan tanpa gejala yang mudah dideteksi.Yang lebih mengerikan lagi, wanita pengidap kanker payudara dan telah dinyatakan sembuh, tidak jarang akan kembali mengidap kanker yang lebih ganas nantinya. Ini seperti yang dialami oleh almarhumah artis cantik Renita Sukardi.

Sel kanker yang kembali muncul pun tak hanya menyerang payudara tetapi juga beberapa anggota tubuh lain dengan beringasnya. Tentunya, ini sangat mematikan dan mengerikan. Namun kamu tak perlu khawatir Ladies, dilansir dari laman prevention.com, kembali tumbuhnya sel kanker payudara setelah dinyatakan sembuh bisa dicegah dengan berbagai cara mudah.

Cara tersebut antara lain sebagai berikut.

Miliki Gerak Tubuh Cukup

Ellen Warner, MD, seorang profesor kedokteran di University of Torontomengungkapkan bahwa gerak tubuh yang cukup sangat penting dimiliki oleh setiap orang terkhusus mereka yang pernah menderita penyakit tertentu.

Miliki gerak tubuh cukup dengan olahraga rutin untuk mencegah kembalinya sel kanker dalam tubuh | Copyright pexels.com

Tubuh yang aktif, banyak bergerak, olahraga dan mengeluarkan keringat akan lebih sehat dibanding tubuh yang pasif dan jarang bergerak. Usahakan untuk memiliki olahraga teratur kurang lebih selama 2,5 jam setiap harinya. Tak perlu olahraga atau gerak tubuh yang berat, jalan kaki, lari dan yoga bisa menjadi pilihan tepat.

Perhatikan Berat Badan

Senantiasa perhatikan berat badan. Jangan sampai berat badan kamu melebihi batas normal atau pun sebaliknya. Usahakan untuk memiliki berat badan ideal, menstabilkan kolesterol dan lemak dalam tubuh.

Menurut dr. Warmer, berat badan berlebih sangat mungkin berisiko meningkatkan risiko terjangkitnya berbagai penyakit termasuk tumbuhnya kembali sel kanker payudara yang pernah dinyatakan sembuh sebelumnya.

Minum Air Putih Cukup

Elisa Port, MD, seorang kelapa operasi payudara di Rumah Sakit Dubin di Mount Sinai Hospitalsekaligus peneliti bidang kanker, mengungkapkan bahwa salah satu cara mudah mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh adalah dengan konsumsi air putih cukup setiap harinya.

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Cancer bahkan menyebutkan bahwa konsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari atau lebih bisa menekan risiko tumbuhnya sel kanker khususnya sel kanker payudara.

Konsumsi air putih adalah rahasia untuk miliki tubuh sehat | Copyright pexels.com

Perbanyak Konsumsi Vitamin C & D

Pastikan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan D. Kedua vitamin ini berperan penting dalam mencegah dan membunuh pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Perbanyak Konsumsi Sayur & Buah, Kurangi Daging

Studi yang dipublikasikan di JAMA Oncologymenyebutkan bahwa mencegah pertumbuhan sel kanker bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta mengurangi konsumsi daging. Ada banyak buah serta sayur yang kaya akan antioksidan, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh sel jahat terkhusus sel kanker dalam tubuh.

Ladies, itulah beberapa cara mudah untuk mencegah sel kanker payudara dan kanker lainnya tidak lagi tumbuh pasca operasi. Selain cara di atas, cara lain untuk mencegah tumbuhnya sel kanker payudara adalah mengurangi asupan minuman dan makanan ringan, menghentikan kebiasaan merokok, jangan stres (depresi), kurangi konsumsi alkohol dan berbagai makanan yang dimasak dengan dipanggang atau bakar.

Usahakan agar senantiasa menjaga kebersihan payudara, mengenakan bra yang nyaman dengan ukuran pas, serta kurangi penggunaan produk apapun yang mengandung zat kimia. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA