KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Studi: Obesitas Pada Anak Tingkatkan Risiko Penyakit Pinggul

Rabu, 12 Juli 2017 13:18 Penulis: Rohmitriasih
Copyright by istockphotos.com

Vemale.com - Obesitas merupakan kondisi di mana berat badan tubuh terlampau tinggi atau di ambang batas wajar. Obesitas sendiri merupakan kondisi yang sangat berbahaya buat kesehatan. Ini bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit mematikan. Tak hanya berbahaya buat orang dewasa, risiko obesitas akan jauh lebih membahayakan kita ia diderita oleh anak-anak.

Dikutip dari laman boldsky.com, sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika obesitas pada anak bisa meningkatkan risiko penyakit pinggul. Slipped Capital Epiphysis (SCFE) merupakan penyakit pinggul yang sering terjadi pada remaja atau anak muda. Penyakit ini umumnya akan menyebabkan pinggul terasa sakit berkepanjangan, kurang nyaman dan mudah patah atau bergeser.

Daniel Perry, seorang peneliti dari Institute of Translational Medicine University of Liverpool mengemukakan,

"Studi ini membantu kita untuk memahami salah satu penyebab penyakit pinggul. Temuan kami adalah obesitas selama anak-anak bisa meningkatkan risiko penyakit ini lebih besar dan cepat."


Para ahli mengungkapkan bahwa anak-anak yang mengalami obesitas kemungkinan besar akan kesulitan menggerakkan pinggul mereka. Kesulitan inilah yang nantinya menjadikan gerak pinggul maupun tubuh kurang maksimal. Risikonya, berbagai penyakit termasuk penyakit pinggul akan sangat mudah menyerang. Ketika risiko ini tidak dicegah, peneliti khawatir bahwa risikonya akan semakin parah.

Risiko meningkatkan penyakit pinggul karena masalah obesitas selama anak-anak juga diperkuat oleh temuan peneliti Inggris yang dipublikasikan di Journal Archives of Disease in Childhood. Perry menambahkan, "Ini adalah bukti terbaik yang ada yang membuktikan ada kaitan erat antara obesitas dan penyakit pinggul. Obesitas adalah kondisi tubuh yang sangat tidak sehat dan berpengaruh buruk terhadap kondisi kesehatan selama seumur hidup."

Well mom, mulai sekarang jangan hanya mencegah obesitas pada diri sendiri tetapi juga pada anak-anak. Tak apa anak tumbuh dan berkembang sehat serta gemuk. Tapi ingat, risiko kegemukan atau obesitas sangatlah berbahaya buat kesehatan.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA