KAPANLAGI NETWORK
MORE

Selain Stres, Ini Penyebab Lain Kamu Sering Telat Haid

Selasa, 11 Juli 2017 15:50 Penulis: Endah Wijayanti
Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sering terlambat haid? Hm, persoalan ini memang bisa bikin khawatir dan cemas sendiri. Nggak tenang pastinya kalau setiap bulan haid nggak teratur.

Selama ini kita sering mendengar kalau salah satu penyebab telat haid adalah karena stres. Karena stres pula, jumlah darah haid yang keluar bisa tidak seimbang, kadang sedikit kadang banyak. Dan tahukah kalau penyebab telat haid itu tidak hanya karena stres saja? Seperti hal-hal berikut ini.

Kecapekan atau Rasa Lelah yang Luar Biasa
Kondisi fisik juga mempengaruhi siklus haidmu. Kecapekan atau kelelahan akibat aktivitas yang meningkat juga mengakibatkan keterlambatan haid. Dan kalau sudah haid, biasanya disertai rasa nyeri luar biasa. Apalagi kalau kamu sering melakukan perjalanan jauh, kelelahan yang dihasilkan bisa mempengaruhi pembuahan dalam rahim, dan pelepasan telur terlambat oleh karenanya. Jadi coba kondisikan lagi jadwal dan rutinitasmu untuk memastikan tubuh tidak terlalu lelah saat mendekati siklus bulananmu.

Hormon Tidak Seimbang
Gangguan pada hormon juga bisa membuat siklus haid terganggu. Kamu perlu berkonsultasi ke dokter untuk masalah ini. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk memperlancar haid dalam kasus ini.

Menjalani Program Diet Tertentu
Hati-hati nih kalau kamu sering gonta-ganti program diet. Wanita yang sering melakukan program diet tak sehat dan mengalami penurunan berat badan ekstrim umumnya akan terganggu siklus haidnya. Pola hidup dan pola makan yang berubah selama diet pastinya akan mempengaruhi kinerja hormon yang memiliki peran penting dalam menjaga siklus haid teratur.

Selain karena hal-hal dan kondisi di atas, ibu menyusui juga sering telat haid. Umumnya selalu terlambat dan mungkin jumlahnya hanya sedikit. Tapi tak perlu cemas, kondisi ini umumnya normal dialami oleh para ibu menyusui.

Kalau kamu sering telat haid dan disertai rasa nyeri yang teramat menyiksa, segera hubungi dokter, ya Ladies. Semakin cepat kamu mendapat penanganan yang tepat maka akan sebaik nantinya.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : TUTORIAL HIJAB | 1 Hijab 2 Gaya Untuk Acara Formal