KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Menurut Studi, Herpes Meningkatkan Risiko Jantung & Stroke

Sabtu, 08 Juli 2017 12:55 Penulis: Rohmitriasih
Copyright by Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sebagian dari kita mungkin akan mengabaikan penyakit herpes atau cacar api yang diderita. Herpes sendiri merupakan infeksi yang terdapat pada kulit atau sekitarnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air yaitu varisela zoster.

Ketika kita menderita herpes, pastikan untuk tidak mengabaikannya lagi Ladies. Dikutip dari laman today.com, penelitian terbaru menyebutkan bahwa penderita herpes bisa mengalami peningkatan risiko jantung dan stroke.

Peneliti mengungkapkan bahwa seseorang yang telah menderita cacar khususnya herpes, ini membuat virus cacar tersebut akan tetap menetap di tubuh meski penyakit cacar telah sembuh. Risiko jantung dan stroke bagi penderita cacar dikatakan 40% lebih besar dari risiko yang terjadi pada orang-orang yang tak pernah menderita cacar selama hidupnya.

Ilmuwan di Asan Medical Center di Seoul, Korea Selatan memperingatkan bahwa virus penyebab cacar bisa berpindah melalui kulit dan langsung menyerang syaraf tertentu di tubuh. Dr Lee Schwamm, wakil ketua Neurologi di Massachussetts General Hospital, Boston mengungkapkan jika peradangan syaraf inilah yang nantinya meningkatkan risiko jantung juga stroke.

Untuk menghindari herpes hingga jantung juga stroke, para ahli menyarankan agar kita melakukan vaksinasi. Selain itu, pencegahan risiko ini juga bisa diminimalisir dengan senantiasa menerapkan pola hidup sehat, menghindari rokok, alkohol, menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar selalu stabil, mengontrol gula darah dan olahraga serta istirahat cukup setiap harinya.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA