Sukses

Beauty

Memeras Lemon di Bawah Sinar Matahari, Tangan Ayah Melepuh

Apa yang bisa menyebabkan luka bakar dan tangan melepuh? Kebanyakan orang mengira tangan melepuh karena terkena api, minyak panas atau air panas. Tapi ternyata memeras lemon pun juga bisa membuatmu mengalami tangan melepuh.

Ini yang dialami ayah bernama Adam Levy. Pria 52 tahun ini mengalami luka bakar dan tangan melepuh setelah memeras lemon di luar rumah, di bawah sinar matahari. Saat itu ia ingin menyiapkan minuman untuk pesta kebun anaknya.

copyright by Facebook.com/ Adam Levy

Tapi kemudian tangannya terasa panas dan merah. Di kulitnya muncul benjolan berair tanda tangannya melepuh. Dua hari setelahnya pun tangannya yang melepuh justru semakin besar hingga ia harus dibawa ke rumah sakit. Dokter memberinya steroid dan antihistamin untuk menghentikan pembengkakan.

copyright by Facebook.com/ Adam Levy

Ia didiagnosis mengalami phytophotodermatitis, reaksi yang terjadi ketika senyawa kimia bernama psoralen (yang ada di dalam lemon, jeruk nipis dan buah-buahan lain) berinteraksi dengan ultraviolet atau sinar matahari. "Ini membuat kulit menjadi sensitif dan menyebabkan luka bakar bahkan pembengkakan dan pelepuhan," jelas Dr. Debra Jaliman, M.D.

Adam tidak hanya mengalami pelepuhan, ia bahkan merasakan pusing dan mual-mual. Untungnya, setelah mengalami pengobatan, kulitnya berangsur-angsur membaik.

Wah, mulai sekarang kamu juga harus hati-hati nih ladies, karena terkadang hal-hal kecil seperti ini sering diabaikan tapi justru berbahaya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading