KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

4 Penyebab Wanita Sering Gampang Lapar di Saat Tak Terduga

Senin, 19 Juni 2017 15:30 Penulis: Endah Wijayanti
Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Ladies, pernah nggak kamu tiba-tiba merasa gampang lapar? Rasanya mulut ini ingin terus mengunyah aneka makanan. Sudah makan banyak tapi nggak bisa berhenti makan.

Ada banyak kemungkinan kenapa pada saat-saat tertentu kita merasa lapar terus. Penyebabnya bisa karena pola makan hingga kondisi hormonal. Selengkapnya, yuk kita bahas empat penyebab umum kenapa pada saat-saat tertentu seorang wanita bisa susah sekali mengendalikan nafsu makannya.

Kebanyakan Konsumsi Makanan Berkabohidrat
Mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak bisa menaikkan kadar gula dalam darah. Tapi setelah itu, kadar gula darah langsung turun (drop) dengan cepat. Dan sinyal ini akan ditangkap tubuh sebagai rasa lapar. Akibatnya kamu ingin makan terus. Kalau malam tadi kamu sudah mengonsumsi banyak karbohidrat, ada kemungkinan hari ini kamu malah gampang lapar.

Tidak Mendapatkan Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Kalau semalam kamu kurang tidur atau tidak mendapat tidur yang nyenyak, sangat mungkin hormon pengatur rasa lapar jadi kacau. Nggak hanya gampang merasa lapar keesokan harinya, emosimu juga bakal susah dikendalikan dan merasa capek seharian. Dikutip dari dailymail.co.uk, sebuah penelitian dalam The Journal Obesity menyebutkan bahwa mereka yang kurang tidur akan mengonsumsi 248 kalori lebih banyak keesokan harinya. So, kalau kamu merasa susah mengendalikan nafsu makan mungkin penyebabnya ada pada kualitas tidurmu.

Sedang Haid
Kenapa haid sering bikin nafsu makan nggak terkendali? Jadi begini, saat tubuhmu sedang mempersiapkan nutrisi jika pada periode selanjutnya terjadi kehamilan, tubuhmu akan meminta asupan makanan yang lebih banyak. Hal ini normal terjadi sekalipun kamu sedang tidak merencanakan kehamilan bahkan belum menikah sekalipun. Nggak perlu kaget kalau saat sedang haid, nafsu makan jadi meningkat sampai membuat berat badan sedikit naik.

Kurang Minum
Lapar merupakan sinyal tubuh yang tidak selalu berarti butuh asupan makan, tetapi minum. Kalau kamu merasa lapar (atau lebih lapar dari biasanya), cobalah untuk minum segelas air mineral biasa atau air hangat terlebih dahulu. Kalau dalam waktu 30 menit rasa lapar itu hilang, berarti tubuh kamu memang butuh air, bukan makanan. Setidaknya beri jeda beberapa menit terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk makan besar.

Itu tadi empat kemungkinan penyebab kamu bisa merasa lebih lapar dari biasanya. Meski mungkin susah untuk mengendalikan nafsu makan ketika berada di kondisi itu, tetap kendalikan diri untuk mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan, ya.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA