KAPANLAGI NETWORK
MORE

5 Menit Saja, Ini Alasan Kamu Perlu Jalan Kaki Setiap Hari

Senin, 19 Juni 2017 12:30 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by Pexels.com

Vemale.com - Ada banyak hal yang membuat tubuhmu merasa stres, bahkan pekerjaan yang kamu cintai pun bisa jadi penyumbang stres terbanyak dalam hidupmu. Tapi bagaimana cara melepaskan stres tapi kamu tak punya banyak waktu untuk liburan? Sederhana, jalan kaki sebentar saja.

Benar, sebentar. Tidak perlu berjalan kaki satu jam lamanya jika ingin mendapat manfaat sehat dari jalan kaki. Dalam penelitian berjudul "Give Your Ideas Some Legs: The Positive Effect of Walking on Creative Thinking," peneliti dari Stanford University menemukan bahwa efek jangka pendek jalan kaki adalah mampu meningkatkan kreativitas.

Itulah mengapa banyak pekerja seni seperti penulis, pelukis, aktor, penyanyi dan lainnya suka meluangkan waktu jalan kaki sejenak dari rutinitasnya, tidak lain untuk melepas stres dan mencari inspirasi.

Secara fisik, jalan kaki bisa melatih kerja jantung, melancarkan peredaran darah, melatih otot dan menguatkan tulang. Peneliti meminta peserta berjalan kaki di luar ruangan, di dalam ruangan dan tidak jalan kaki sama sekali.

Hasilnya, mereka yang berjalan kaki paling sedikit 5 menit di luar ruangan mengalami peningkatan kreativitas lebih dari 60% dibanding mereka yang hanya duduk di depan komputer.

Tidak sebanyak yang berjalan di luar ruangan, orang yang berjalan kaki di dalam ruangan juga mendapat manfaat peningkatan kreativitas, meski hanya 40%. Tetap lebih banyak dibanding yang tidak jalan kaki sama sekali.

Jadi, bukan hanya kesehatan fisik saja yang bisa kamu dapat dari aktivitas sederhana jalan kaki, kamu juga mendapatkan manfaat kesehatan mental, emosional dan pikiran.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Tips Mudik Bersama Anak
PRODUK REKOMENDASI