KAPANLAGI NETWORK
MORE

Kapan Waktu Terbaik Makan Buah-Buahan? Ini Jawabannya

Rabu, 28 Juni 2017 10:00 Penulis: Endah Wijayanti
Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Selama ini mungkin kita sering berpikiran kalau buah itu pencuci mulut. Jadi dimakannya setelah menyantap nasi atau hidangan utama, tapi benarkah demikian? Memang nggak ada yang melarang kita untuk makan buah kapan saja. Tapi kalau ingin mendapatkan manfaat terbaiknya, kita perlu lebih jeli dan teliti lagi dalam memilih waktu yang paling tepat untuk mengonsumsinya.

Ada waktu-waktu terbaik yang sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Meski bukan aturan yang benar-benar khusus, tapi kalau kita bisa mengikutinya, bukan hal mustahil kita akan dapat manfaat maksimal dari buah-buahan yang masuk ke dalam tubuh kita. Selengkapnya, langsung saja ikuti info lengkapnya di sini, yuk.

Konsumsi Buah Saat Perut Masih Kosong
Yups, waktu terbaik makan buah justru saat perut masih kosong. Dengan begitu, buah bisa membantu proses detoksifikasi yang efektif untuk tubuh dan semua nutrisi yang dikandung buah dapat terserap dengan maksimal. Ini juga alasan kenapa makan buah di pagi hari untuk sarapan juga baik untuk pencernaan. Selain itu buah yang masuk dalam tubuh bisa meningkatkan kadar gula dalam darah secara perlahan sehingga perut terasa kenyang lebih lama.  

Tapi memang tak sembarang buah bisa dimakan dalam keadaan perut kosong. Buah-buahan yang asam seperti jeruk tidak disarankan untuk langsung dikonsumsi oleh orang yang sering kena maag. Buah-buahan yang berpotensi membuat perut gampang kembung seperti melon pun kurang disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong. Intinya, sesuaikan juga dengan kondisi dan toleransi tubuh kita masing-masing.

Konsumsi Buah 1 Jam Sebelum Makan Siang
Makan buah sebaiknya 1 jam sebelum makan siang. Kenapa? Karena setelah makan, penyerapan tubuh atas fruktosa akan lebih lambat, sehingga apabila dipaksa makan buah ketika perut sudah kenyang, perut akan terasa begah akibat keluarnya asam di dalam perut. Hal ini juga bisa memicu penyakit diare atau sakit perut.

Kalau ingin makan buah setelah makan siang, sebaiknya beri jeda waktu 2 jam. Sehingga tingkat kolesterol bisa dikurangi dan penyerapan makanan di dalam tubuh bisa tetap lancar.

Konsumsi Buah 1 Jam Sebelum Olahraga
Satu jam sebelum berolahraga, ada baiknya mengonsumsi buah-buahan secukupnya. Buah yang dikonsumsi ini nantinya akan menjadi suntikan nutrisi yang baik dan meningkatkan energi tubuh tanpa membuat kita merasa kekenyangan atau mual.

Saat memilih buah, pilih yang masih segar dan memang sedang musimnya, ya. Soalnya, buah yang tepat muncul saat musimnya bukanlah buah yang melewati rekayasa genetik, sehingga nutrisinya lebih aman dan tidak menggunakan zat kimia yang memaksa berbuah. Ini juga alasan kenapa mengonsumsi buah lokal lebih direkomendasikan daripada mengonsumsi buah-buahan impor.

Yuk, konsumsi buah secara rutin setiap harinya untuk mendapat manfaat sehatnya.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : DIY: Kreasi Wadah Snack Dari Piring Kertas, Mudah Tanpa Ribet!