Sukses

Beauty

Makan Terburu-buru, Ini Dampak Negatifnya pada Kesehatanmu

Karena sudah lapar atau nggak tahan dengan godaan makanan enak, biasanya kita akan makan terburu-buru. Mengunyah dengan begitu cepat dan langsung menelannya. Sepintas seperti tidak ada masalah, tapi ternyata kebiasaan ini mengandung bahaya bagi kesehatan.

Ada sejumlah risiko dan bahaya kesehatan yang mengintai bila kamu terbiasa makan terlalu cepat atau terburu-buru. Apalagi kalau pas baru buka puasa, tidak disarankan untuk makan cepat-cepat. Karena makan terburu-buru membuatmu berisiko lebih besar mengalami sejumlah gangguan kesehatan berikut ini.

Berisiko Mengalami Gangguan Pencernaan

Dilansir dari MedlinePlus,makan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan. Gejalanya meliputi sensasi terbakar dan perut yang padat seolah-olah baru menelan batu. Terkadang gejala gangguan pencernaan ini sangat parah sampai sering dikira serangan jantung. Rasa tidak nyaman ini biasanya muncul karena tubuh belum siap mencerna makanan yang ditelan dengan terburu-buru.

Berat Badan Bisa Naik

Otak dan perut kita bekerja bersama-sama untuk mengendalikan nafsu makan. Dan proses ini tidaklah instan. Perlu diketahui bahwa butuh waktu 20 menit untuk perut menyampaikan pesan pada otak kalau tubuh sudah kenyang. Kalau kamu makan terlalu cepat, kalori akan keburu menumpuk di dalam tubuh sebelum sempat memberitahu otak untuk berhenti makan.

Makan terburu-buru juga malah memberi tubuhmu sinyal untuk makan lebih banyak. Karena kamu lebih menuruti keinginan perut dan bukannya peringatan dari otak untuk berhenti makan saat sudah cukup kenyang. Dampaknya, jumlah kalori yang dikonsumsi jadi berlebihan sehingga berat badan bisa naik tanpa benar-benar kita sadari.

Tidak Lagi Peka dengan Sinyal Lapar dan Kenyang yang Sesungguhnya

Makan terburu-buru membuat tubuh jadi kehilangan cara alaminya untuk mengenali sinyal lapar dan kenyang yang sesungguhnya. Kamu makan bukan lagi karena sedang lapar. Dan kamu tak bisa mengenali sinyal kapan perut sebenarnya sudah kenyang, sehingga terus makan sampai puas. Dengan kata lain, nafsu makanmu lebih dikendalikan oleh emosimu. Pola makan pun jadi makin nggak karuan.

Sangat disarankan untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Nikmati setiap suapan dengan mengunyahnya sampai benar-benar lembut sebelum ditelan. Selain itu kalau ingin menambah makanan lagi, baiknya menunggu jeda 20 menit terlebih dahulu. Kalau setelah 20 menit memang masih lapar, kamu baru bisa menambah porsi makanmu.

Yuk, nikmati makanan dengan mengunyah setiap suapannya perlahan-lahan. Karena kesehatanmu juga sangat dipengaruhi oleh pola makanmu sehari-hari. Semoga infonya bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading