KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

3 Aktivitas Ini Meningkatkan Risiko Kanker Serviks, Hindari Ya!

Rabu, 14 Juni 2017 11:17 Penulis: Rohmitriasih
Copyright by Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Kanker serviks yang merenggut nyawa Julia Perez beberapa hari lalu merupakan salah satu penyakit paling mematikan bagi kaum hawa. Sudah ada banyak kasus kematian yang terjadi pada kaum hawa akibat kanker serviks setelah kanker payudara.

Adapun penyebab dari kanker serviks utamanya adalah virus HPV atau human papillomavirus. Ini merupakan virus yang menyerang sistem kewanitaan juga rahim seseorang dan meningkatkan pertumbuhan maupun perkembangan sel kanker. Virus HPV bisa sangat cepat menular dan menyerang tubuh melalui beberapa aktivitas sehari-hari.

Aktivitas tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sering Gonta-Ganti Pasangan

    Seringnya berganti pasangan hubungan intim adalah penyebab utama dari risiko penularan virus HPV dan kanker serviks. Tak hanya itu saja, terlalu sering melakukan hubungan intim bersama pasangan dan tidak menjaga kesehatan organ intim dengan baik juga berisiko tinggi terhadap kanker serviks. Lebih mengerikan lagi, hubungan sesama jenis akan menyebabkan penularan virus ini semakin cepat dan tak terkendali.

  • Melakukan Seks di Usia Dini

    Hubungan seks sangat tidak dianjurkan jika itu dilakukan di bawah usia 16 tahun. Selain organ intim seseorang belum terbentuk sempurna, di usia ini sangat rawan mengalami berbagai masalah kesehatan akibat hubungan intim. Ini juga sangat berisiko menjadi penyebab kanker serviks, kanker rahim bahkan kanker payudara.

  • Merokok (Aktif Maupun Pasif)

    Wanita yang merokok berisiko menderita kanker serviks dan payudara dua kali lipat. Tak hanya berlaku bagi para wanita perokok aktif, risiko yang lebih besar bahkan terjadi pada para wanita yang menjadi perokok aktif. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mempermudah virus HPV menyerang tubuh.


Itulah beberapa aktivitas yang menjadi penyebab dari risiko kanker serviks. Selain aktivitas di atas, pola hidup yang tak sehat, daya tahan tubuh yang menurun dan memiliki banyak anak juga sangat rentan terhadap risiko penyakit paling mematikan ini.

Jaga kebersihan organ intim, miliki pola hidup sehat, istirahat dan minum air putih cukup serta melakukan vaksinasi agar terhindar dari risiko kanker. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Tatjana Saphira Bintangi Iklan Bareng Gong Yoo