KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, Ini Kata Constello Pemeran Chris

Rabu, 14 Juni 2017 11:11 Penulis: Ayu Puji Lestari
copyright koleksi pribadi ello/ruang vemale

Vemale.com - Kanker serviks memang menjadi momok bagi wanita. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Menurut Constello pemeran Chris di Ruang Vemale yang biasa dipanggil Ello ini ia berpendapat sebagai mahasiswa kedokteran, ia mempelajari betul dan mengetahui bahwa dari sekian banyak penyakit ganas justru kanker serviks lah yang merupakan salah satu kanker yang sudah ditemukan vaksinnya karena kanker serviks itu sendiri disebabkan oleh infeksi virus yang disebut HPV (Human Papilloma Virus), tetapi angka kejadian kanker serviks di Indonesia masih menjadi peringkat tertinggi untuk kematian wanita karena kanker.

Menurut Ello salah satu cara paling tepat untuk mencegah kanker serviks adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Ladies, berikut ini adalah saran dari Ello untuk mencegah kanker serviks. Here we go!

  1. Menghindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok.
  2. Hindari seks bebas, penyebaran virus HPV ini merupakan salah satu penularan virus tertinggi pada wanita yang disebabkan penyakit menular seks, karena itu salah satu pencegahan secara konvensional dengan menggunakan kondom, karena proses penyebaran virus bisa melalui cairan tubuh saat berhubungan seks.
  3. Melakukan vaksin sedini mungkin dimulai umur 9 tahun.
  4. Untuk wanita yang sudah aktive berhubungan seks disarankan untuk melakukan pap smear setiap tahun.
  5. Wanita usia di bawah 20 tahun tidak disarankan untuk melakukan hubungan seksual karena keadaan serviks yang masih belum matang.

Well, meskipun sudah ditemukan vaksin untuk pencegahan kanker serviks namun akibat kurangnya sosialisasi dari pemerintah menyebabkan angka kejadian masih tinggi.

"Untuk itu terutama kepada ibu dan wanita terdekat saya, saya selalu mengingatkan untuk tetap menjaga diri terhadap bahayanya kanker serviks salah satunya dengan menyarankan untuk rutin screening melakukan pap smear setiap tahunnya karena terhitung sudah aktif berhubungan seksual, dan untuk perempuan terdekat agar melakukan vaksin segara mungkin" pungkas Ello.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Harapan Masayu Anastasia & Cathy Fakandi Untuk Indonesia