Sukses

Beauty

Tips Sehat Menyeimbangkan Hormon Wanita

Hormon-hormon tubuh memiliki fungsi penting untuk mengatur emosi, fungsi otak, dan kemampuan fisik. Ada banyak jenis hormon dalam tubuh dengan fungsi yang berbeda-beda. Hormon juga memiliki peran besar dalam mengatur fungsi-fungsi tubuh lain, seperti gairah seks, haid, dan sistem reproduksi.

Bagi wanita, penting untuk memastikan hormon bisa selalu stabil atau seimbang. Dengan begitu, emosi bisa selalu terjaga dan yang tak kalah penting adalah terhindar dari gejala-gejala PMS. Dan ada sejumlah cara sehat yang bisa dicoba untuk menyeimbangkan hormon, seperti cara-cara berikut ini.

Konsumsi Lemak Sehat
Memang kita perlu menghindari lemak-lemak trans atau lemak jahat. Tapi tubuh tetap membutuhkan asupan lemak sehat yang bisa didapat dari minyak kelapa, buah alpukat, dan sebagainya. Memastikan kebutuhan asam lemak omega-3 tercukupi dengan baik adalah salah satu cara krusial menjaga keseimbangan hormon.

Jaga Kesehatan Pencernaan
Usahakan untuk bisa selalu buang air besar secara rutin. Dikutip dari boldsky.com, kesehatan pencernaan memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan hormon. Kalau sistem pencernaan bermasalah, maka bisa menyebabkan sejumlah masalah termasuk masalah keseimbangan hormon.

Hentikan Penggunaan Produk Berbahaya
Cek lagi aneka produk seperti produk kecantikan dan perawatan tubuh yang kamu gunakan. Apakah mengandung bahan berbahaya seperti paraben? Karena zat-zat kimia tertentu bila digunakan secara rutin bisa mengganggu keseimbangan hormon. Jadi penting untuk cek lagi komposisi dari ragam produk yang kamu kenakan setiap hari.

Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol
Alkohol merupakan zat yang bisa langsung mempengaruhi senyawa kimia otak. Jadi kalau kamu mengonsumsi alkohol, besar kemungkinan keseimbangan hormonmu akan terganggu.

Kelola Stres
Susah memang untuk mengelola stres dengan baik. Karena berbagai kesibukan dan masalah, stres seringkali sulit untuk dihindari. Yang perlu diketahui, stres bisa menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Dampaknya bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

Olahraga Rutin
Olahraga rutin bisa meningkatkan laju metabolisme dan memastikan kelenjar endokrin bisa memproduksi hormon yang sehat. Yuk, lebih rutin olahraganya biar keseimbangan hormon terjaga dengan baik.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh. Tidak sulit kan untuk melakukannya? Semoga infonya bermanfaat, Ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading