Sukses

Beauty

Kenapa Wanita Lebih Rentan Terkena Stroke daripada Pria?

Ladies, tahukah kalau stroke menduduki peringkat ketiga sebagai penyakit yang mematikan pada wanita? Fakta ini memang sangat mengejutkan. Bahkan dari 100 kasus penyakit stroke, 60 di antaranya terjadi pada wanita. Kira-kira kenapa wanita lebih rentan terkena stroke daripada pria, ya?

Sebelum membahas soal alasan dan penyebab kenapa wanita bisa rentan terkena stroke, perlu juga diketahui sejumlah tindak pencegahan penyakit ini. Mulai dari rutin melakukan pemeriksaan medis, menjaga pola makan, dan olahraga teratur. Menjaga pola hidup sehat merupakan kunci penting agar terhindar dari stroke.

Apa sajakah penyebab stroke?
Dilansir dari boldsky.com,pecahnya pembuluh darah di otak bisa jadi penyebab stroke. Selain itu, ketika sirkulasi darah ke otak terganggu, stroke pun bisa terjadi. Kalau sel-sel otak tak mendapat cukup oksigen, sel-sel tersebut bisa mati. Sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko wanita terkena stroke, antara lain obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi, penggunaan alat kontrasepsi yang berlebihan, dan kebiasaan merokok.

Kenapa wanita lebih rentan terkena stroke?
Risiko seseorang terkena stroke itu bisa meningkat seiring bertambahnya usia. Karena rata-rata usia wanita lebih panjang daripada pria, risikonya terkena stroke pun bisa lebih tinggi pada wanita. Wanita juga lebih rentan terkena penyakit-penyakit autoimun. Sejumlah gangguan inflamasi juga bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah atau pembekuan darah yang meningkatkan risiko terkena stroke. Beberapa tipe migrain juga bisa meningkatkan risiko stroke. Dan wanita juga pada umumnya lebih rentan terkena migrain.

Apa sajakah gejala stroke yang perlu diwaspadai?
Gejala-gejala penyakit stroke pada umumnya meliputi, susah bicara; mati rasa di area kaki, lengan, dan wajah; sakit kepala mendadak; susah berjalan; pingsan; muntah-muntah; dan linglung. Kalau kamu mengalami tanda-tanda tersebut, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat ya.

Nah, itu tadi sejumlah info penting yang perlu kamu ketahui terkait penyakit stroke. Semoga infonya bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading