Sukses

Beauty

Tips Turunkan Berat Badan Secara Efektif Saat Puasa Ala Ahli Gizi

Banyak orang berpikir dengan berpuasa di bulan Ramadan kita dapat menurunkan berat badan, karena saat berpuasa kita tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam selama satu bulan penuh. Namun, ternyata anggapan ini salah Ladies, nyatanya angka timbangan justru bergerak ke arah kanan alias makin besar.

Nah, mengapa sudah hal tersebut terjadi? Cobalah tengok ke belakang, apakah kamu sahur dan berbuka puasa dengan makan-makanan yang sehat?

Ahli gizi, Winda Ekayanti, MND, APD pun menjelaskan makan-makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari, agar saat berpuasa dapat menurunkan berat badan dan tentunya membuat tubuh sehat. Ternyata caranya cukup mudah, kamu cukup mengonsumsi makanan seimbang seperti memperbanyak asupan buah-buahan dan sayuran, namun tetap seimbang proteinnya, tidak terlalu banyak makan dari sumber daging, dan tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat seperti nasi.

"Disarankan nasi putih diganti dengan nasi merah atau brown rice. Seba nasi putih lumayan tinggi glikemik indexnya, jadi orang akan mudah merasa lapar," ujar Winda saat dihubungi tim Vemale.com.

Saat berpuasa, setiap orang kemungkinan akan mengalami dehidrasi. Jadi penting sekali untuk cukup minum air putih dan mengonsumsi buah dan sayur. Walaupun berpuasa, kamu pun harus selalu rajin berolahraga dan istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam perhari. Winda menambahkan, sebaiknya saat berbuka puasa dan sahur kurangi makanan berlemak dan santan. Lebih baik konsumsilah sup atau sayuran yang ditumis.

"Kenapa harus sayuran? Karena sayuran mengandung banyak serat. Oleh sebab itu bila mengonsumsi sayuran sangat lama dicerna tubuh yang membantu kita merasa kenyang lebih lama," tutupnya.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading