KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Tetap Semangat & Bugar Tanpa Lemas di Hari Pertama Puasa? Bisa!

Jum'at, 26 Mei 2017 16:30 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright by hiveminer.com

Vemale.com - Tak terasa, tinggal hitungan jam umat muslim sudah sampai pada bulan Ramadan 1438 Hijriah (2017). Kamu yang beragama muslim dan besok memulai puasa Ramadan pertama, sudah menyiapkan apa saja untuk menyambut kedatangannya?

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, penuh pengampunan dan penuh kebahagiaan serta begitu mulia. Tak heran, di bulan ini umat muslim berlomba-lomba melakukan berbagai kebaikan demi dapatkan pahala yang melimpah. Bicara mengenai puasa Ramadan, di hari pertama puasa tidak sedikit orang yang akan merasa kaget dan kurang siap, lemas serta kurang semangat.

Ya, ini terjadi karena selama sehari penuh harus berpuasa, tidak makan maupun minum sebelum waktu berbuka tiba. Agar tetap semangat dan bugar tanpa lemas di hari pertama puasa, apakah itu bisa dilakukan? Jawabannya bisa! Ada beberapa tips agar di hari pertama puasa kita tak pernah merasa lemas juga patah semangat. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

  • Kuatkan Niat

    Yang pertama dilakukan agar selalu semangat dan mantap berpuasa adalah kuatkan niat. “Inna a’amalu binniyat (semua amal tergantung niatnya).” Selama kita memiliki niat yang kuat, menahan lapar dan haus juga nafsu lainnya tentu akan sangat mudah untuk dilakukan. Kalau kamu berniat dengan sungguh-sungguh dan yakin tak akan lemas, kamu pun tak akan lemas.

  • Sahur Dengan Menu Tepat & Bernutrisi

    Sahurlah dengan menu yang tepat dan bernutrisi tinggi. Usahakan memperbanyak konsumsi sayur dan protein agar energi dalam tubuh terjaga dengan baik. Jangan sahur terlalu banyak karena ini justru bisa membuat kamu kekenyangan dan mudah ngantuk. Sahur secukupnya saja dengan menu yang bernutrisi tinggi.

  • Istirahat Cukup

    Pastikan untuk memiliki istirahat cukup saat malam. Tidur cukup dan jangan sampai menghabiskan waktu buat begadang untuk hal-hal yang tak penting. Jika begadang digunakan untuk ibadah, ini boleh. Tapi ingat, ibadah pun harus tahu waktu dan menjamin waktu istirahat tercukupi dengan baik.

  • Sibukkan Diri dengan Aktivitas Seperti Biasa

    Usahakan untuk menyibukkan diri seperti biasa. Jangan biarkan pikiranmu dibebani oleh kenyataan bahwa kamu sedang berpuasa, tidak boleh makan dan tidak boleh minum. Terus berpikir bahwa kamu sedang berpuasa justru akan membuatmu lemas, lemah dan kurang semangat. Kesibukan seperti biasa akan membantu kamu dapatkan hari-hari yang lebih menyenangkan dan ringan.

  • Jangan Menunggu Waktu Berbuka

    Hindari terlalu menunggu waktu berbuka. Jalani hari dengan santai dan tanpa terlalu sering menengok jam juga memastikan untuk tahu kapan waktu berbuka. Menunggu-nunggu waktu berbuka justru akan membuatmu semakin capek, lelah dan lemas.

  • Minum Air Putih & Cukupi Kebutuhan Gula Saat Sahur

    Penuhi kebutuhan air putih dan glukosa untuk tubuh secara cukup. Hindari konsumsi berbagai makanan yang mengandung garam terlalu lebih. Makanan mengandung garam akan membuat kamu mudah dan cepat merasa haus, lemas serta lapar.

  • Sikat Gigi Setelah Sahur

    Pastikan untuk sikat gigi yang bersih setelah sahur. Gigi dan mulut yang bersih akan bantu kamu dapatkan kenyamanan juga kesegaran tersendiri selama berpuasa. Ini juga membantu kamu terhindar dari rasa lemas, tidak nyaman dan mulut asam selama berpuasa.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar puasa di hari pertama maupun hari-hari selanjutnya selalu fresh, semangat dan tak lemas. Semoga tips ini bermanfaat. Selamat menyambut bulan suci Ramadan dan kita semua kembali fitrah di hari raya nanti.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA