Sukses

Beauty

Kalau Tubuh Kekurangan Serat, Kamu Berisiko Kena Penyakit Ini

Makanan yang kita konsumsi memang harus seimbang kandungan gizi, vitamin, dan seratnya. Kalau adalah salah satu kebutuhan yang tak tercukupi, maka bisa membuat tubuh tak bisa berfungsi sempurna. Bahkan bisa rentan terkena berbagai jenis penyakit.

Apalagi kalau tubuh kekurangan serat, ada sejumlah penyakit yang sudah mengintaimu. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, makanan yang kaya serat bisa melancarkan sistem pencernaan, membantu kerja bakteri baik dalam usus untuk mencerna makanan, dan mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit. Jadi, penyakit apa sajakah yang mengintai bila tubuh kekurangan serat? Berikut penjelasannya.

Konstipasi atau Sembelit
Konstipasi atau sembelit merupakan suatu kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas, atau tidak bisa sama sekali. Ketika tubuh kurang serat, kita akan rentan mengalami konstipasi. Susah buang air besar dan kotoran keras berwarna hitam. Bila kondisi ini kamu alami, perbanyak minum air putih. Perbanyak konsumsi buah-buahan kaya serat juga, seperti buah apel, alpukat, dan pir.

Sakit Jantung
Kolesterol tinggi dan penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat. Pada dasarnya, makanan kaya serat bisa bantu menurunkan kadar kolesterol serta menjaga fungsi tubuh berjalan dengan baik. Saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, pengosongan perut akan berlangsung lebih lama sehingga merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin segera makan lagi. Pengosongan lambung yang lambat ini juga lah yang bisa membantu pengendalian kadar glukosa darah sehingga mengurangi risiko terkena penyakit, seperti sakit jantung dan diabetes.

Sakit Diabetes
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa mengonsumsi 50 gram serat larut setiap hari bisa menurunkan glukosa darah dalam tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi makanan kaya serat pada dasarnya bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Kalau makanan yang dikonsumsi kurang serat, kamu rentan terkena diabetes.

Makanan yang mengandung serat pun tak sebatas buah dan sayur saja. Makanan lain seperti gandum, sereal gandum, havermut, oat, ubi jalar, buah bit, kentang, bawang, apel, kacang merah, pisang, kacang polong, dan kedelai juga termasuk makanan yang mengandung serat.

Jadi yuk konsumsi serat yang seimbang setiap hari. Semoga infonya bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading