KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Kenapa Badan Kamu Tambah Gemuk di Bulan Puasa? Ini Jawabnya...

Jum'at, 19 Mei 2017 13:41 Penulis: Zika Zakiya
Ilustrasi wanita muslim/Pixabay.com

Vemale.com - Apakah kamu mengalami hal yang sama dengan judul artikel ini? Puasa di bulan Ramadhan memang menyehatkan untuk jasmani dan rohani. Tapi di saat yang sama, puasa sebulan malah buat membuat kamu tambah gemuk. Kok bisa ya? Padahal'kan secara logikanya kamu nggak makan di siang hari dan hanya dua kali makan besar --saat malam dan saat sahur.

Menurut Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia, dr. Rita Ramayulis, badan bertambah gemuk saat puasa karena kamu makan dengan pola yang keliru. "Puasa memiliki rentang waktu makan yang sempit. Banyak yang tambah gemuk karena mengira harus makan dengan sangat banyak di rentang waktu yang sempit itu. Padahal energi yang dikeluarkan tidak mengalami penambahan," ujar dr.Rita dalam acara 'Ramadan Sehat dan Praktis Bersama Philips' di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat.

Idealnya, waktu makan di bulan puasa dimulai ketika sahur di mana kamu wajib memilih makanan sumber energi dengan protein rendah lemak tapi tidak digoreng. "Ini agar tubuh tidak mudah lelah dan tidak membebani proses pencernaan. Kalau makan sahur dengan daging sapi, tubuh akan lelah dengan proses pencernaannya sehingga badan jadi cepat lemas," ujar dr. Rita yang sering tampil di TV sebagai ahli gizi.

dr. Rita Ramayulis/dok.Phillips

Lalu saat berbuka puasa, kamu disarankan memilih makanan dan minuman yang bisa meningkatkan glukosa dalam darah sehingga menjadi stabil. Caranya adalah dengan memilih menu makanan yang mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Makanan yang mengadung ketiganya adalah kurma, pisang, pepaya, dan semangka. Silakan saja kamu olah dengan sebaik mungkin tapi tanpa menambah gula berlebih ke dalamnya.

"Jangan minum teh manis karena itu hanya mengandung sukrosa saja. Dia akan meningkatkan gula darah dengan cepat, tapi turunnya akan cepat pula," tambah dr. Rita.

Kemudian sesudah beribadah sholat, silakan lanjut dengan makan malam berisi makanan pokok, sayuran, buah, dan lauk-pauk. Disambung dengan makanan selingan malam yang bisa diasup setelah Tarawih atau pun menjelang tidur. Selingan ini bisa berupa salad buah, cap cay ayam, atau pun tempe. Ingat makanan selingan ini berupa protein dan sayur tanpa adanya karbohidrat.

"Hindari makanan yang digoreng dengan banyak minyak. Sebaiknya pilih makanan yang ditumis saja," tutup dr.Rita.

dr. Rita Ramayulis dan Yongky Sentosa/Dok.Phillips

Makanan tumis bisa kamu siapkan dengan Phillips Viva Collection Airfriyer dengan teknologi Rapid Air. Teknologi terbaru ini membuat kamu bisa menggoreng dengan sedikit minyak, sehat, dan praktis. Dalam satu mesin ini kamu bisa menggoreng, memanggang, bahkan membuat kue.

"Kita ingin mendukung gaya hidup sehat karena memang kita adalah perusahaan health technology. Acara ini sangat relevan untuk mendukung gaya hidup sehat yang praktis bersama Phillips," ujar Yongky Sentosa, Country General Manager Phillips Personal Health saat berbincang dengan vemale.com.

Dengan pengetahuan asupan gizi macam ini, semoga puasa kamu lancar ya, Ladies. Selain itu tubuh pun akan lebih singset tanpa ada keluhan "Aku gendut!".

(vem/zzu)
KOMENTAR PEMBACA