KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

Nyeri Punggung Saat Haid, Normalkah? Bagaimana Mengatasinya?

Kamis, 18 Mei 2017 13:20 Penulis: Endah Wijayanti
Foto: copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Saat sedang haid, badan rasanya sakit semua. Malah terkadang nggak hanya kram perut tapi juga bikin nyeri punggung. Punggung gampang pegal dan nyeri tak karuan. Tapi sebenarnya normal nggak sih mengalami nyeri punggung saat haid ini?

Nyeri punggung saat haid ini ternyata ada alasannya sendiri. Dilansir dari ladycarehealth.com, nyeri punggung ini memang merupakan dampak dari ketegangan otot perut yang berkontraksi saat mengeluarkan darah dari dalam rahim (dysmenorrhea). Dengan kata lain, proses kontraksi otot tersebut tidak hanya menyebabkan ketegangan pada otot perut, tapi juga pada otot pendukung, yaitu otot punggung, pinggang, panggul, hingga paha atas.

Perubahan Hormon Saat Haid Jadi Pemicunya

Ada pengaruh perubahan hormon saat punggung terasa nyeri saat haid. Nyeri otot punggung yang dirasakan saat haid ini disebabkan oleh peningkatan hormon prostaglandin menjelang haid. Prostaglandin merupakan hormon yang berfungsi memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, maka otot tubuh yang lain ikut berkontraksi. Sehingga terjadilah ketegangan otot pada bagian-bagian tubuh lain, termasuk otot punggung bagian bawah.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Punggung Selama Haid?

Tak harus pakai obat untuk meredakan nyeri punggung selama haid. Ada sejumlah cara yang bisa kamu cara untuk meredakannya, seperti cara-cara berikut ini:

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Konsumsilah air putih dengan cukup. Selain itu, kamu juga perlu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan banyak mengonsumsi buah-buahan juga sayuran segar yang banyak mengandung air.

2. Kompres punggung dan mandi air hangat

Perbanyak waktu istirahatmu. Kalau nyeri punggung belum juga hilang, kompres punggung dengan air hangat. Mandi dengan air hangat juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung. Lalu istirahatkan tubuh, cukupi kebutuhan tidur setiap harinya.

3. Hindari minuman beralkohol, berkafein, dan tinggi gula

Minuman yang paling cocok diminum saat haid adalah jahe hangat atau madu jahe hangat. Penting juga untuk diketahui bahwa minuman yang mengandung kafein, alkohol dan tinggi gula harus dihindari karena dapat memperparah rasa nyeri. Alternatif minuman lain yang baik dikonsumsi untuk meredakan nyeri adalah jamu kunyit. Kenapa kunyit? Karena kunyit telah teruji klinis dapat menekan inflamasi (peradangan) yang menjadi biang nyeri dan masalah kewanitaan lainnya.

4. Lakukan olahraga ringan

Gerakkan tubuh untuk membuat otot lebih rileks. Kamu dapat melakukan stretching ringan selama kurang lebih 10 menit setiap harinya agar otot menjadi rileks dan ketegangan otot mereda. Bisa juga melakukan gerakan olahraga sederhana. Seperti baringkan tubuh dengan memposisikan kaki sedikit diangkat, kemudian kaki dapat diganjal bantal atau benda lainnya. Atau saat tidur, cobalah berbaring dengan posisi miring dengan lutut ditekuk ke dalam.

Cara-cara di atas bisa dicoba sebagai pertolongan pertama. Jika nyeri punggung masih terus mengganggu, kamu perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Semoga infonaya bermanfaat, Ladies.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA