KAPANLAGI NETWORK
MORE

Olahraga yang Kamu Lakukan Bikin Tua? Ini Cara Mengetahuinya

Rabu, 17 Mei 2017 13:50 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Kamu pasti tahu bahwa olahraga adalah salah satu aktivitas terbaik untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh bugar. Menurut sebuah penelitian, olahraga seperti High Intensity Interval Training (HIIT) ternyata bisa memperlambat proses penuaan dini.

Penelitian lain bahkan mengatakan bahwa melakukan olahraga hingga berkeringat sangat baik menjaga kesehatan mental. Tapi ternyata jika tidak dilakukan dengan benar olahraga juga bisa mengganggu kesehatan lho, seperti mengganggu sendi-sendi tulang, merusak kulit atau membuat tubuhmu cedera. Ini beberapa olahraga yang sebenarnya bisa melukaimu.

  • Terlalu fokus dengan kardio

    Kardio memang unggul jika tujuannya membakar kalori dan melatih jantung, tapi latihan kekuatan juga penting untuk melatih otot. Semakin tua dirimu, tubuh akan lebih banyak kehilangan massa otot, jadi kamu butuh latihan otot agar tidak mudah cedera.

  • Lupa istirahat

    Terkadang saking semangatnya dan ingin segera menurunkan berat badan, kamu olahraga setiap hari. Padahal, tubuh juga butuh istirahat dan memulihkan kinerja otot. Penumpukan asam laktat di tubuh juga tidak baik, membuat tubuh mudah cedera.

  • Tidak tahu batasan kekuatan

    Jika masih pemula, sebaiknya tidak memaksakan terlalu keras ketika tubuh belum terbiasa olahraga. Membuat tubuh terlalu stres justru bisa melukai sendi dan kartilase otot. Olahraga sewajarnya dan perlahan menambah intensitas agar tubuh terlatih.

  • Kurang bergerak

    Melakukan latihan kekuatan saja juga tak sehat. Kamu harus melakukan olahraga yang membuat seluruh tubuhmu bergerak, seperti berjalan, berlari atau berenang. Olahraga untuk seluruh tubuh bisa dibiasakan dengan pemanasan dan peregangan untuk menghindari cedera.

Jadi, kira-kira kamu sudah bisa menghindari kebiasaan olahraga yang bisa membuatmu menua belum? Jangan sampai melakukan sekian kebiasaan buruk di atas ya!

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : #KapanLagiChallange: Nadine Vs Stephanie
PRODUK REKOMENDASI