KAPANLAGI NETWORK
MORE

Bangun Terlalu Pagi? Ternyata Justru Bikin Produktivitas Menurun!

Selasa, 16 Mei 2017 13:40 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by Pexels.com

Vemale.com - Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa bangun pagi akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik. Melakukan lebih banyak hal, lebih produktif, rezeki juga lebih banyak. Namun tahukah kamu bahwa ternyata bangun terlalu pagi justru tak baik untuk kesehatan dan menurunkan produktivitas lho.

Jon Levy, ilmuwan ilmu perilaku sekaligus penulis buku The 2 AM Principle mengatakan bahwa bangun jam 5 pagi atau lebih pagi dari itu justru bisa mengganggu, bukannya membantu meningkatkan produktivitas.

Ia mengutip kata neuroscientist sirkardian Russell Foster, bahwa tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa bangun terlalu pagi membuatmu lebih produktif. Yang ada adalah, tidak mendapat cukup tidur bisa menurunkan produktivitas dan kebahagiaan. Bukan hanya itu, mendapatkan tidur lebih lama dan nyenyak justru bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Dokter ahli tidur, Michael Breus, PhD, menegaskan bahwa setiap orang memiliki satu di antara empat chronotype yang mengindikasikan seberapa banyak waktu terbaik untuk tidur dan kapan harus bangun. Secara biologis, tubuh akan menentukan sendiri kapan waktu tidur dan produktif tubuh.

Dengan kata lain, jika kamu beraktivitas hingga malam dan tidur jam 12 malam, maka kurang lebih kamu akan bangun jam 7 atau jam 8 pagi. Jika kamu tidur jam 9 malam, sangat wajar jika kamu bangun jam 5 pagi. Karena memang sebanyak itu pula waktu yang kamu butuhkan untuk istirahat.

Jadi, jangan memaksakan diri untuk bangun jam 5 pagi ketika kamu sendiri tidur jam 12 malam, karena itu tandanya kamu kurang tidur. Bukan meningkatkan produktivitas seharian, kamu justru akan mudah mengantuk sepanjang hari karena kurang istirahat. Sesuaikan dengan kebutuhanmu saja ya ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
REKOMENDASI PILIHAN
Video Skrin.id : Anak Artis Season 3 Ada Apa Dengan Yogyakarta
PRODUK REKOMENDASI