KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KESEHATAN

3 Kebiasaan Makan Baik yang Diterapkan Ibu di Jepang Pada Anaknya

Selasa, 16 Mei 2017 11:50 Penulis: Febi Anindyakirana
copyright by Pexels.com

Vemale.com - Jika kamu belajar tentang gaya hidup sehat dan melihat negara yang punya angka penduduk paling panjang umur, maka kamu tidak bisa mengabaikan Jepang. Ada banyak gaya hidup sehat yang diterapkan orang-orang Jepang, apalagi yang diajarkan ibu-ibu Jepang terhadap anak-anaknya.

Seperti dikutip dari jurnal kesehatan British, The Lancet, peneliti mengidentifikasi bahwa para orangtua di Jepang punya cara dan kebiasaan makan yang menjadi kunci anak-anak Jepang bisa hidup panjang umur. Dalam penelitian itu, anak-anak Jepang diperkirakan bisa hidup hingga usia 73 tahun tanpa mengalami penyakit atau gangguan kesehatan serius, bahkan bisa hingga usia 80 tahun.

Seperti juga yang diungkapkan Naomi Moriyama, penulis buku Secrets of the World's Healthiest Children asal Jepang, ini beberapa kebiasaan makan yang diajarkan ibu di Jepang terhadap anak-anaknya.

  • Gunakan piring yang lebih kecil

Cara ini bisa mengontrol porsi makan anak secara signifikan. Anak-anak menggunakan piring lebih kecil dari yang digunakan orang dewasa sehingga tidak punya kebiasaan makan berlebihan, sesuai kebutuhan dan cukup untuk beraktivitas sehari-hari.

  • Ajak anak ikut memasak dan menyiapkan makanan

Bukan hanya mengajarkan kegiatan dapur dan mengenalkan beragam bahan makanan pada anak, mengikutsertakan anak dalam menyiapkan dan memasak makanannya sendiri membuat anak tahu apa yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Ini juga jadi cara baik membangun ikatan orangtua dan anak.

  • Pilih makanan sehat namun sederhana

Makanan yang baik tidak harus mahal dan disajikan dengan berbagai bumbu dan teknik memasak yang rumit. Orang Jepang membiasakan diri makan makanan yang sederhana namun sehat seperti sayuran, buah, dan ikan, bahan-bahan yang mudah didapatkan dari alam. Bukan makanan kaya lemak, gula dan garam, karena rasa yang kuat dianggap berlebihan.

Jadi, kira-kira kamu sudah tahu kan apa saja kebiasaan makan yang diterapkan ibu-ibu Jepang terhadap anaknya agar bisa membiasakan hidup yang sehat? Kamu pun bisa menerapkannya di rumah bersama anak dan suami, ladies.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA