Sukses

Beauty

Ini Alasan Mengapa Cuci Tangan Di Rumah Sakit Sangat Penting

Berbagai penyakit memang sangat mudah ditemukan terutama di rumah sakit. Inilah yang membuat para pasien mudah sekali terkena infeksi. Infeksi ini disebut sebagai nosokomial atau yang saat ini dikenal sebagai Health Care -Associated Infections (HCAI), yang dapat menjangkit tubuh pasien pada saat berada di rumah sakit. Hal ini diperperparah karena infeksi tersebut dapat berkembang.  

Hal ini disampaikan oleh dr. Ronald Irwanto, SpPD - KPTI, selaku Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indonesia, HCAI bisa menjadi salah satu ancaman untuk keselamatan pasien. Tak hanya pasien atau petugas rumah sakit, saja yang bisa terinfeksi HCAI, namun bisa terjadi pada siapa saja yang datang ke rumah sakit.

"Infeksinya bisa apa saja. Secara garis besar ada empat infeksi paling umum yang terjadi karena HCAI, yakni Ventilator Associated Pneumonia (VAP), infeksi daerah operasi, infeksi aliran darah primer dan Catheter-Associated Urinary Tract Infection (CAUTI)," ujarnya saat ditemui dalam konferensi pers bertajuk 'Hand Hygine Focus: Where are We Now' bersama B.Baun Medical Indonesia, di Jakarta.
Foto: copyright Vemale.com/Anisha Saktian Putri
dr. Ronald menambahkan, infeksi berbahaya tersebut bisa terjadi saat tenaga kesehatan menggunakan peralatan medis ketika merawat pasiennya. Misalnya pada saat penggunaan kateter atau pemasangan infus yang pada akibatnya berujung pada infeksi lain, salah satunya infeksi saluran kemih (CAUTI).

"Dari semua pemakaian kateter, kateter untuk kantung kemih yang paling umum. Jika terjangkit infeksi pada saat penggunaan kateter, ini tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, serta efek samping lainnya seperti sepsis, bahkan kematian," tambahnya.

Untuk menghindarkan hal yang tidak diinginkan, praktik hand hygiene merupakan langkah awal untuk mencegah HCAI, serta mencegah resistensi antimikroba. Selain itu, standarisasi fasilitas kesehatan juga sangat penting, sebab HCAI bersifat introgenik. Hand hygiene bisa menurunkan kemungkinan risiko tertularnya infeksi di rumah sakit hingga 50-90 persen.

"Jadi, semua orang yang masuk ke rumah sakit, mulai dari pasien, tenaga kesehatan, pengunjung, pekerja kitchen bahkan satpam harus diingatkan untuk selalu membersihkan tangan mereka," tuturnya.

Untuk lebih efektif, kamu bisa menggunakan handrub yang mengandung alkohol untuk mengurangi jumlah bakteri di tangan, bersamaan saat alkohol menguap. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading