Sukses

Beauty

Bukti Penelitian, Sering Temani Ibu Bisa Cegah Beliau Cepat Pikun

Interaksi secara langsung dan kedekatan emosional memang diketahui sejak lama bisa merangsang otak untuk tetap aktif dan respon emosional yang baik. Itulah mengapa bertemu tatap muka langsung dan bercengkrama dengan orang-orang di sekitarmu lebih baik ketimbang berhubungan dengan mereka lewat dunia maya.

Begitu juga dengan orangtuamu. Belum lama ini penelitian juga menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama orangtua bisa membuat mereka panjang umur. Baru-baru ini sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease juga menemukan bahwa sering bertemu dan menemani orangtua ternyata juga bisa menjaga ingatan mereka tetap tajam.

Penelitian yang dilakukan April 2017 oleh peneliti asal UK ini menganalisis data lebih dari 10 ribu pria dan wanita selama 10 tahun, termasuk kualitas hubungan keluarga tersebut untuk mengetahui pengaruh demensia terhadap orangtua.

Peneliti menemukan bahwa kenaikan 1 persen saja support positif dari keluarga bisa menurunkan risiko orangtua mengembangkan demensia sebesar 17%.Sebaliknya, kurangnya support keluarga, adanya pengaruh negatif dari keluarga bisa menaikkan risiko orangtua alami demensia sebesar 30%.

Co-author penelitian, Mizanur Khondoker, PhD, mengatakan bahwa ini bukan hanya tentang kuantitas hubungan sosial, tapi kualitas hubungan yang erat antara anak dan orangtua yang perlu dibangun.

Dengan kata lain, semakin kamu dekat, lebih sering ngobrol dan mengunjungi orangtua, semakin baik kesehatan ingatan mereka, dan pastinya semakin baik pula hubungan emosional kalian.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading