Sukses

Beauty

Malas Cuci Tangan? Awas 4 Bahaya Ini Mengintaimu

Cuci tangan merupakan aktivitas wajib yang perlu dilakukan setiap hari. Tanpa disadari, ada banyak kuman yang bersarang di tangan kapan saja dan di mana saja. Kalau tidak rajin dibersihkan dan dicuci, tentu hal ini akan membuat kondisi kesehatan kamu makin terancam. Ini juga bisa membuat berbagai macam bahaya mengintai.

Dikutip dari laman boldsky.com, cuci tangan merupakan aktivitas sederhana yang penting dilakukan dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Kebiasaan malas cuci tangan memiliki dampak yang sangat buruk. Inilah beberapa bahaya yang akan kamu rasakan ketika kamu malas cuci tangan.

    Diare

    Bahaya pertama yang mengintai orang-orang yang malas cuci tangan adalah risiko diare. Makanan yang masuk ke mulut dan perut akan sangat rentan terhadap berbagai bakteri, kuman serta penyakit ketika dimakan dari tangan yang kotor, jarang dicuci dan dibersihkan. Inilah yang akhirnya menyebabkan diare atau sakit perut.

    Risiko Kulit Gatal-Gatal

    Buat kamu yang malas buat cuci tangan sebelum makan, usahakan agar rajin-rajin cuci tangan mulai saat ini. Bakteri dan kuman yang ada di tangan kotor ada bermacam-macam. Salah satu bakteri tersebut bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, kulit infeksi hingga bentol-bentol yang berakhir pada adanya risiko bisul pada kulit. Selain kulit gatal-gatal, malas cuci tangan juga bisa menyebabkan risiko jerawat dan komedo parah.

    Penularan Hepatitis

    Hepatitis adalah penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala mual, kelelahan hebat, urin berwarna gelap, nafsu makan berkurang, demam dan kulit serta mata berwarna kuning. Penularan hepatitis akan sangat mudah terjadi jika seseorang malas cuci tangan atau menjaga kesehatan tubuhnya. Well, masih malas buat cuci tangan?

    Keracunan Makanan

    Makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu bisa berisiko menyebabkan adanya racun di tangan lebih mudah bercampur bersama makanan. Selain menyebabkan keracunan, kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan infeksi, penularan berbagai penyakit dengan mudah dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Mengingat akan bahaya yang disebabkan oleh kebiasaan malas cuci tangan, usahakan agar lebih tajin cuci tangan mulai saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading