Sukses

Beauty

Perut Rata di Pagi Hari Tapi Buncit Saat Malam, Normalkah?

Perut buncit kerap jadi momok sendiri. Banyak wanita yang nggak percaya diri dan takut dengan perut buncit. Dan pada dasarnya kondisi perut buncit ini banyak penyebabnya.

Salah satu kondisi yang paling sering terjadi adalah saat pagi hari perut rata dan biasa, tapi begitu malam hari perut jadi buncit. Hm, ini normal nggak ya?

Penyebab kondisi perut buncit di malam hari meski pada pagi harinya kondisi perut rata ini umumnya ada tiga. Seperti yang dikutip oleh brightside.me, penyebabnya bisa karena alergi makanan, sistem pencernaan yang lambat atau tidak lancar, dan ketidakseimbangan flora usus (intesntinal flora).

Perut rata di pagi hari tapi buncit di malam hari. | Foto: copyright brightside.me

Untuk mengatasi, ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan. Umumnya adalah dengan cara mengatur pola makan lebih seimbang dan sehat. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

Pilih Bahan Makanan Segar untuk Dikonsumsi

Kalau mengonsumsi bahan sayur, daging sapi, daging ayam, dan ikan, pilih yang masih segar. Selain itu, coba hindari konsumsi roti dan aneka pastry selama 2 minggu. Untuk sementara waktu, coba hentikan konsumsi makanan yang mengandung ragi, susu, produk olahan susu (seperti keju dan mentega), dan bahan-bahan yang mengandung gluten.

Rutin Sarapan Pagi dengan Menu Sehat

Sebaiknya kamu tidak makan besar di malam hari. Tapi kalau untuk sarapan, wajib hukumnya. Pilih menu yang sehat dan kunyah makanan perlahan. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup. Agar nanti bisa dicerna dengan baik,

Konsumsi Makanan Sumber Prebiotik atau Probiotik

Saatnya untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Caranya bisa dengan konsumsi prebiotik dan probiotik. Prebiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan berpotensi meningkatkan penyerapan kalsium. Sementara probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan pada tubuh manusia dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal.  

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan sederhana juga bisa dilakukan untuk mencegah perut jadi buncit di malam hari. Setiap pagi, berbaringlah lalu buat tubuh serileks mungkin. Kemudian tarik dan hembuskan napas perlahan 10 kali. Selain itu cobalah untuk jalan kaki santai setiap kali selesai makan untuk memperlancar pencernaan.

Kalau masalah perut buncit tidak juga terselesaikan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya Ladies. Karena penyebab dan alasannya bisa begitu beragam tergantung kondisi dan kesehatan tubuh juga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading