Sukses

Beauty

Ingin Punya Jantung Sehat? Rutin Jalan Kaki 22 Menit Setiap Hari

Sampai saat ini, sakit jantung merupakan sakit paling mematikan dan berbahaya di dunia. Setiap tahunnya korban penyakit jantung semakin meningkat dan bertambah. Tak hanya menyerang orang yang sudah tua, risiko jantung juga mengancam kalangan anak muda. Risiko ini sendiri terjadi karena sebagian besar dari kita memiliki pola makan dan hidup yang tidak sehat serta sering melupakan olahraga.

Dikutip dari laman mirror.co.uk, risiko penyakit jantung bisa diatasi dengan melakukan pola hidup sehat dan olahraga cukup setiap harinya. Jalan kaki selama 22 menit setiap harinya dipercaya bisa menurunkan risiko jantung. Peneliti menemukan bahwa jalan kaki adalah olahraga paling sederhana yang bisa mencegah dan mengatasi risiko jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa memiliki olahraga jalan kaki atau lari sedikitnya selama 22 menit setiap hari bisa mengurangi risiko jantung hingga 50 persen. Tak hanya mencegah risiko jantung, aktivitas ini juga bisa mengatasi masalah penyakit berbahaya lain seperti diabetes, obesitas, kanker hingga stroke.

Dokter ahli jantung dari Rumah Sakit Lister di Stevenage, Herts yakni Dr Aseem Malhotra mengatakan, "Menekan risiko jantung bisa dilakukan dengan jalan kaki atau lari. Selama beberapa dekade terakhir, jalan kaki terbukti menurunkan kadar lemak dalam tubuh, membunuh sel jahat penyebab serangan jantung serta menyehatkan tubuh. Jalan kaki juga baik dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh."

Selain menyarankan untuk jalan kaki sedikitnya selama 22 menit sehari, para ahli juga menyarankan agar kita konsumsi buah, sayur dan makanan rendah lemak untuk mencegah risiko jantung. Pikiran yang bahagia, nyaman dan jauh dari stres juga menjadi salah satu aktivitas terpenting untuk menekan risiko jantung serta penyakit mematikan lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup setiap harinya ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading