KAPANLAGI NETWORK
MORE

Awas, Inilah Gejala Kanker Sering Terjadi Namun Sering Diabaikan

Jum'at, 21 April 2017 15:59 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Vemale.com - Sampai saat ini, kanker masih menjadi penyakit paling mematikan dan ditakuti. Umumnya, para penderita kanker tak akan pernah selamat dan menemui ajal mereka meski sebelumnya telah dinyatakan positif sembuh dari kanker yang diderita.

Mengenai risiko kanker, sejauh ini banyak penderita kanker yang tak menyadari bahwa ia sedang mengidap kanker. Ya, ini terjadi karena gejala kanker tidak bisa dilihat dengan sangat mudah. Hanya saja, jika kita semua mau teliti dan benar-benar peduli dengan kesehatan, gejala kanker yang menyerang tubuh bisa diketahui atau dideteksi sejak awal.

Dikutip dari laman boldsky.com, ada beberapa gejala kanker yang sering terjadi. Sayangnya, gejala ini sering diabaikan. Apa saja gejalanya, berikut ulasannya.

  1. Benjolan di bawah kulit. Secara umum, adanya benjolan di bawah kulit bisa menjadi gejala awal dari kanker. Jika kamu menemukannya, usahakan untuk segera memeriksakan kondisi kamu ke dokter dan cari tahu benjolan apa itu.
  2. Kulit gatal. Kanker bisa tumbuh dan berkembang di tubuh dengan sangat cepat. Tidak jarang, jaringan kanker akan membawa bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Bakteri ini tidak jarang juga akan menyebabkan kulit gatal setelah terbawa oleh aliran darah di tubuh. 
  3. Luka yang tak lekas sembuh. Luka bisa timbul karena berbagai hal. Jika luka tersebut tidak bisa segera sembuh, ini bisa menjadi gejala awal dari risiko kanker. Beberapa orang yang menderita kanker, jika tubuhnya terluka, luka tersebut sembuhnya akan cukup sulit dan lama. 
  4. Nafsu makan berkurang. Ahli mengungkapkan bahwa umumnya penderita kanker akan mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu, penderita kanker juga akan kesulitan menelan. 
  5. Luka di mulut atau lidah. Adanya luka, benjolan dan masalah di mulut serta lidah bisa menjadi gejala dari kanker. Dokter mengungkapkan bahwa tidak sedikit penderita kanker yang memiliki luka atau benjolan di sekitar mulut dan mereka mengabaikannya. 
  6. Penurunan berat badan. Tidak sedang diet namun berat badan terus turun, ini bisa menjadi tanda sebagai gejala awal dari risiko kanker. 
  7. Warna urin yang berbeda. Urin yang sehat berwarna bening atau kuning cerah. Namun, jika warna urin telah berubah menjadi lebih keruh, gelap atau teksturnya lebih kental, bisa jadi ini sebagai gejala awal adanya penyakit kanker dalam tubuh. 
  8. Perubahan suara. Orang yang menderita kanker tenggorokan, paru-paru atau kerongkongan akan mengalami perubahan suara. Jika kamu mengalaminya, usahakan untuk segera memeriksakan kondisi ini.
  9. Batuk terus menerus. Batuk adalah penyakit yang tidak terlalu berbahaya. Tapi, jika batuk terjadi secara terus menerus, ini sangat berbahaya dan menjadi tanda adanya risiko kanker atau penyakit mematikan lainnya. Segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter jika kamu mengalami batuk secara terus menerus. 
  10. Pendarahan. Gejala selanjutnya yang sering terjadi namun sering diabaikan adalah adanya pendarahan di tubuh yang terserang kanker. Penderita kanker payudara akan mengalami pendarahan di puting. Sedangkan kanker usus, rahim dan serviks akan sering mengalami pendarahan di organ intim.


Itulah beberapa gejala kanker yang sering terjadi namun sering diabaikan. Jika kamu mengalami gejala di atas, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter dan pastikan bahwa kamu sehat selalu. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Posisi tahi lalat ternyata cerminkan kesetiaan