KAPANLAGI NETWORK
MORE

Sedang Diet Tapi Tetap Gagal? Hindari 7 Hal Ini

Kamis, 20 April 2017 16:00 Penulis: Tim Beauty Journal
Foto Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Secara teori, menurunkan berat badan itu caranya gampang: bakar kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ini artinya kamu harus makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak. Sayangnya, praktiknya tak semudah teori. Banyak wanita yang merasa frustasi karena merasa sudah membatasi asupan kalori dan giat berolahraga, tapi angka timbangan masih sama saja. Sebenarnya ada 7 kesalahan yang tanpa sadar sering dilakukan oleh mereka yang sedang berusaha mengusir lemak dari tubuh. Agar diet kamu sukses, coba deh hindari beberapa hal di bawah ini.

1. Asupan Protein Terlalu Banyak

Untuk menurunkan berat badan, kamu memang disarankan untuk menjalani diet tinggi protein dan rendah karbohidrat. Namun, ternyata asupan protein yang berlebih justru akan disimpan tubuh menjadi lemak lho. Gawat kan? Nah, takaran protein yang ideal untuk wanita adalah sekitar 45 sampai 60 gram per hari.

2. Porsi Sayuran Dalam Menu Makanan yang Sedikit

Foto Copyright thinkstockphotos.com

Untuk mencukupi kebutuhan gizi dan serat saat menurunkan berat badan, kamu perlu mengonsumsi setidaknya 2,5 cangkir sayuran setiap harinya. Itu kalau ditakar menggunakan cangkir dan diisi penuh ya. Kalau terasa sulit, coba selipkan sayuran di dalam makanan kamu sehari-hari, misalnya irisan tomat saat sarapan atau wortel kukus sebagai pengganti camilan.

3. Hanya Minum Segelas Jus Saat Sarapan

Banyak orang yang melewatkan sarapan agar berat badan cepat turun. Ada juga yang hanya minum jus sebagai pengganti sarapan. Hal ini tidak salah sih, namun kamu harus lebih jeli. Jus yang dibuat dengan tambahan gula akan meningkatkan gula darah, sehingga insulin akan meningkat dan membuat kamu cepat lapar. Untuk menghindari hal ini, ganti gula dengan sedikit madu, atau ganti sarapan dengan roti gandum dan telur yang tetap berkalori rendah tapi akan membuat kamu kenyang lebih lama.

4. Kurang Tidur

Foto Copyright thinkstockphotos.com

Siapa yang di sini hobi begadang? Jika kamu sedang ingin menurunkan berat badan, hal yang sekilas sepele ini bisa mengganggu. Hormon yang memengaruhi nafsu makan dan rasa lapar sangat bergantung oleh banyaknya waktu tidur kamu. Dengan demikian, kamu akan cenderung makan lebih banyak bila kurang tidur. Pernah mengalami hal ini?

Baca Juga: Wajah Lesu Karena Kurang Tidur? Akali Dengan 7 Cara Ini

5. Tidak Melakukan Latihan Beban

Saat mulai menurunkan berat badan, kebanyakan wanita cenderung hanya melakukan kardio dan menghindari latihan beban karena khawatir badan jadi kurang enak dilihat karena berotot. Sebenarnya, latihan mengangkat beban ini akan membantu mengencangkan tubuh kamu dan membuat metabolisme kamu menjadi lebih lancar. Kalau berat badan turun namun tak ada perubahan dalam otot, bisa saja ada beberapa bagian tubuh yang menggelambir.

6. Selalu Melakukan Olahraga yang Sama

Foto Copyright thinkstockphotos.com

Berolahraga memang memiliki pengaruh dalam menurunkan berat badan, namun kamu juga harus memperhatikan menu olahraga yang dilakukan. Jika melakukan latihan yang sama terus menerus dalam jangka waktu lama, tubuh akan beradaptasi dan efek latihan jadi tidak maksimal. Plus, kamu juga akan cepat bosan dan cenderung malas latihan. Untuk hasil yang lebih baik, variasikan jenis, intensitas, serta lamanya waktu latihan.

7. Menggunakan Olahraga Sebagai Alasan untuk Makan Lebih Banyak

Yang namanya berolahraga tentu rasanya lebih lelah, apalagi kalau kamu sedang mengurangi porsi makan. Wah, bisa tambah lemas. Karena alasan ini, ternyata banyak juga yang terdorong untuk makan lebih banyak setelah melakukan olahraga yang menguras keringat. Jadi setelah kamu lari pagi, sebaiknya tahan diri dari godaan bubur ayam dan tetap konsisten dengan diet yang sedang dijalankan ya. Atau, kamu bisa mengunyah protein bar sebelum olahraga untuk sedikit mengganjal lapar yang akan datang.

Baca Juga: 4 Tips Makeup Saat Berolahraga

Article powered by: Beauty Journal Sociolla

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Posisi tahi lalat ternyata cerminkan kesetiaan