Sukses

Beauty

Benarkah Sayur Sebaiknya Dikonsumsi Mentah? Jawabannya Ternyata..

Kita tahu kalau sayur sangat kaya vitamin dan serat. Selain itu jumlah kalorinya pun tak terlalu banyak. Sehingga sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi sayur setiap harinya. Tapi apakah selama ini kita sudah mengonsumsi sayur dengan benar untuk mendapat manfaat terbaiknya?

Ada banyak cara mengolah sayur. Mulai dari digoreng, direbus, dikukus, dipanggang, hingga dibakar. Dan banyak yang beranggapan kalau sayur yang diolah berlebihan itu kandungan nutrisi dan vitaminnya berkurang. Tapi apakah itu artinya sayur sebaiknya dikonsumsi mentah? Hm, hal ini memang masih kerap membuat kita bingung.

Seperti yang dilansir oleh posci.com, pada dasarnya cara pengolahan dan konsumsi terbaik sayur itu tergantung dari jenis sayurnya sendiri. Cuma yang perlu digarisbawahi adalah ketika sayur itu sudah dicabut dari batangnya pada saat itu kandungan nutrisinya sebagian sudah berkurang. Sayur mendapatkan suplai kandungan nutrisi langsung dari tanaman atau tumbuhan itu sendiri. Jadi ketika suplai terputus, maka kandungannya pun berkurang.

Sayuran yang kaya akan vitamin C sebaiknya tidak diolah secara berlebihan. Saat dimasak atau direbus, kandungan vitamin C sayur bisa larut ke air karena sifat vitamin C itu sendiri gampang larut. Kandungan vitamin C bisa berkurang 15 hingga 55 persen bila sayuran tersebut dimasak berlebihan.


Ada juga jenis sayur yang kandungan nutrisi dan vitaminnya bisa makin kuat bila diolah dengan baik. Seperti wortel, bila direbus kandungan karotenoid seperti beta karoten bisa meningkat. Sementara itu kalau dikukus, kandungan vitamin C dan karotenoid-nya bisa berkurang tapi bisa meningkatkan kadar asam fenolat (sejenis antioksidan). Lalu bagaimana jika diolah dengan menggunakan microwave? Bila diolah dengan microwave, kandungan vitamin C sayuran ternyata masih bisa terjaga dengan baik.

Memang agak rumit untuk membedakan mana jenis sayuran yang harus dimasak lebih dulu dan mana yang sebaiknya dimakan mentah. Solusi terbaiknya adalah mengonsumsi berbagai jenis sayuran sehat setiap harinya. Bisa diolah dulu, bisa juga mentah. Kalau makan sayuran mentah, pastikan sudah benar-benar bersih dari kotoran dan pestisida. Sementara kalau mau mengonsumsi sayuran yang diolah, pastikan proses mengolahnya tidak terlalu lama.

Sayuran harus selalu ada dalam menu harianmu, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading