KAPANLAGI NETWORK
MORE

Sulit Tidur Lagi Saat Terbangun? Lakukan Ini Agar Kembali Tidur

Rabu, 19 April 2017 13:48 Penulis: Rohmitriasih
Photo: Copyright Thibnkstockphotos.com

Vemale.com - Mendapatkan istirahat malam yang cukup sangat penting buat kesehatan fisik maupun psikis. Istirahat cukup bisa membantu seseorang mendapatkan semangat pagi yang menyenangkan dan pikiran lebih fresh. Tapi sayangnya, tidak sedikit dari kita yang tidak memiliki istirahat baik saat malam.

Beberapa orang memiliki tidur yang kurang entah itu karena pekerjaan yang berat dan stres atau karena masalah insomnia. Dikutip dari laman today.com, kurang tidur bisa berdampak buruk buat kesehatan. Dampak tersebut mulai dari obesitas, kulit yang mudah keriput, depresi hingga risiko penyakit mematikan seperti serangan jantung.

Tidak sedikit orang akan kesulitan tidur bahkan terbangun saat malam dan tak bisa tidur lagi. Ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang kurang tidur atau tiba-tiba terbangun saat malam. Hal tersebut antara lain adalah pikiran yang sedang kacau, lapar, depresi, rasa cemas yang berlebih, suasana tempat tidur yang tidak nyaman dan lingkungan yang berisik.

Jika kamu kesulitan tidur lagi setelah terbangun, cobalah untuk menenangkan pikiran dan perlahan kembali memejamkan mata. Dr Paul Doghramji, seorang dokter di Pennsylvania mengatakan bahwa untuk kembali tertidur setelah terbangun di malam hari adalah tenang dan perlahan memejamkan mata. Pikiran yang tenang bisa membantu seseorang memiliki tidur yang nyenyak. Ini juga bisa membantunya memiliki kualitas tidur yang baik.

Dr Paul mengatakan, "Kualitas tidur yang buruk berdampak buruk buat kesehatan. Makan teratur dengan nutrisi cukup, olahraga cukup, memastikan tempat tidur nyaman dan pikiran tenang adalah kunci untuk bisa memiliki tidur berkualitas."

Agar bisa kembali tidur setelah terbangun, yang perlu kita lakukan antara lain adalah, mengambil nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan, menenangkan pikiran, membuat tempat tidur nyaman dan sesekali menyalakan musik lembut pengantar tidur. Kalau dengan cara ini belum bisa kembali tidur setelah terbangun, kita disarankan untuk minum segelas air dan membuat suasana kamar agar tidak terlalu gelap atau terang.

Mengajak seseorang untuk tidur bersama juga bisa membantu seseorang merasa lebih tenang dan terjaga. Seseorang tersebut bisa orang tua, suami, anak atau sahabat. Pola hidup yang sehat juga menjadi penentu agar seseorang memiliki tidur berkualitas.

(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Posisi tahi lalat ternyata cerminkan kesetiaan