/kesehatan/103646-ritual-pagi-ini-bisa-bantu-menurunkan-berat-badan-lho.html

Ritual Pagi Ini Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Lho!

Rabu, 19 April 2017 11:10

Oleh: Endah Wijayanti

Ilustrasi. | Foto: copyright Unpopulart - Ken Raras

Vemale.com - Ritual dan kebiasaan yang kita lakukan di pagi hari ternyata bisa memberi dampak besar terhadap kesehatan tubuh. Bahkan berat badan tubuh juga bisa dipengaruhi oleh hal-hal yang kita lakukan di pagi hari. Karena memang kegiatan yang dilakukan di pagi hari bisa mempengaruhi mood dan metabolisme tubuh.

Nah, kalau metabolisme bisa terjaga dengan baik maka berat badan juga bisa lebih mudah dikontrol. Kalau ingin menurunkan berat badan, lakukan ritual dan kebiasaan pagi yang baik ini. Awali dengan kebiasaan baik untuk bisa mendapatkan berat badan ideal impianmu.

Berjemur di Bawah Matahari Pagi
Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov, sinar matahari bisa menjadi salah satu sumber vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin D ini jelas penting bagi tubuh karena berkaitan dengan kestabilan emosi, fungsi organ, dan energi. Lalu apa hubungannya dengan membantu menurunkan berat badan?


 
 

Berjemur di bawah matahari pagi selama beberapa menit bisa membuat tubuh lebih berenergi dan sehat. Mood atau suasana hati pun bisa membaik. Sehingga kita jadi lebih semangat beraktivitas seharian dengan lebih semangat, seperti berolahraga dan menyiapkan makanan sehat. 

 


Cukup 20-30 menit berjemur di bawah matahari pagi. Cahaya matahari pagi juga mengandung kadar sinar biru (blue light) yang dapat menormalkan kembali ritme sirkadian tubuh. Nah, kalau ritme sirkadian sudah berfungsi normal maka kamu bisa tidur lebih nyenyak dan tubuh lebih berenergi sepanjang hari. Metabolisme tubuh pun bisa lancar.

Mengonsumsi Sarapan Kaya Protein
Saatnya untuk membiasakan kebiasaan sarapan yang lebih sehat. Konsumsi sarapan yang kaya protein di pagi hari untuk membantu menjaga otot-otot tubuh dan pastinya bikin kenyang jadi lebih tahan lama. Sehingga kamu nggak akan gampang lapar atau tergoda untuk banyak ngemil lagi seharian.

Mandi Air Dingin
Mandi air dingin tak hanya menyegarkan tapi juga bisa bantu membakar kalori dalam tubuh. Jadi begini, saat merasa dingin, tubuh akan membakar sejumlah kalori untuk menjaga badan tetap hangat. Dan organ-organ dalam tubuh bisa berfungsi lebih baik untuk menjaga metabolisme lancar.


 
 

Mandi air dingin sebaiknya dilakukan sebelum sarapan. Kenapa? Karena kadar gula darah tubuh bisa lebih stabil dan menjaga nafsu makan tetap terkendali di pagi hari. 

 


Kunyah Makananmu Perlahan
Sarapan jangan dilakukan terburu-buru. Kunyah saja perlahan. Dengan mengunyah perlahan dan lebih lama, kalori yang terbakar akan 5 persen lebih banyak dari biasanya. Sarapan yang kaya protein dan serat bisa memberi manfaat optimal bila bisa dinikmati atau dikunyah dengan baik.

Mungkin kesannya ritual dan kebiasaan tersebut sepele, ya. Tapi kalau bisa dilakukan dengan baik dan rutin, besar kemungkinan berat badanmu bisa turun. Impian untuk mendapat berat badan ideal pada dasarnya bisa diwujudkan dengan langkah awal melakukan kebiasaan-kebiasaan baik di pagi hari.

INFO BERMANFAAT LAINNYA

Orang yang Lakukan Ini Saat Makan, Terbukti Bisa Jaga Berat Badan

Jangan Makan Jenis Sayuran Ini Jika Ingin Dietmu Berhasil

4 Sayuran Sehat Bisa Bantu Bakar Kalori Dalam Tubuh

Begini Aturan Diet Agar Tidak Takut Gemuk Saat Makan

Banyak Makan Karbohidrat Seperti Ini Jika Ingin Diet Berhasil



(vem/nda)


Rekomendasi Pilihan

Ayana - Vienny - Gracia JKT48, Tes Kekompakan

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Semua memiliki kepentingan yang berbeda.