Sukses

Beauty

Awas, Di Saat-Saat Inilah Kamu Cenderung Makan Lebih Banyak!

Pernahkah kamu merasa ada hari-hari di mana kamu ingin ngemil dan makan lebih banyak dari biasanya? Bahkan jika kamu tahu kamu harus membatasi porsi makan, ada dorongan besar dari dalam diri untuk terus ngemil.

Ternyata keinginan ngemil dan perasaan terus lapar ini ada hubungannya dengan waktu tidurmu lho, yang secara tidak langsung juga ikut mengatur hormon rasa lapar. Ahli diet Amerika, Chloe McLeod mengungkapkan, bahwa seseorang cenderung merasa terus lapar saat tubuhnya lelah.

Saat tubuhmu kelelahan, kamu pasti butuh istirahat, istirahat terbaik adalah tidur. Namun jika kamu kurang tidur, maka kinerja hormon tubuh juga akan terganggu. Entah kamu kurang tidur atau mengalami masalah sulit tidur, tubuh akan secara alami memproduksi lebih banyak ghrelin.

Ghrelin disebut juga hormon lapar. Sebaliknya, kadar hormon leptin (hormon rasa kenyang) di dalam tubuh akan menurun. Kondisi ini secara otomatis membuat tubuh merasa lapar, bahkan jika kita sebenarnya tidak butuh makan. Terkadang orang bisa salah memahami apakah ia kurang tidur atau memang benar-benar sedang lapar.

Namun bisa ditandai apakah kamu benar lapar atau hanya sedang lelah, yaitu ketika kamu ingin makan lebih banyak gula dan karbohidrat. Tubuh membutuhkan sumber makanan yang mudah diubah jadi energi, dan bahan makanan itulah yang paling sering dicari tubuh saat kamu lelah.

Jadi, jika kamu merasa dirimu sedang ngidam ngemil yang manis-manis dan mengenyangkan, mungkin sebenarnya kamu tidak lapar, kamu hanya lelah. Mungkin selama ini kamu kurang tidur, terlalu banyak begadang, sehingga suka ngemil. Yang kamu butuhkan bukan makanan, tapi istirahat yang cukup.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading