Sukses

Beauty

Atur Pola Makanmu Seperti Ini Agar Siklus Haid Teratur

Memang nggak pernah tenang rasanya kalau siklus haid setiap bulan berubah-ubah. Siklus haid yang tak teratur kerap membuat wanita merasa cemas. Dan sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki siklus haid yang teratur.

Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan. Agar kesehatan terjaga sekaligus siklus haid bisa teratur, kita perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan anti oksidan. Jangan kebanyakan ngemil yang manis-manis atau asin-asin. Batasi juga konsumsi makanan instan.

Kebanyakan mengonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh bisa mengganggu siklus haid. Tapi diet terlalu ketat juga nggak baik. Tubuh tetap butuh nutrisi dan mineral yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik.

Penting untuk memiliki pola makan yang sehat demi mendapat siklus haid yang teratur. Caranya? Dengan perbanyak konsumsi makanan-makanan ini.

Konsumsi Biji-Bijian Utuh (Whole Grains)
Seperti yang dilansir oleh womanitely.com, sumber karbohidrat yang terdapat di biji-bijian utuh (whole grains) mengandung vitamin B, protein, dan serat. Selain itu indeks glikemiknya juga rendah.


Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.
(Sumber: Wikipedia)


Sehingga dengan mengonsumsi bijian-bijian utuh seperti sereal dari gandum utuh bisa bantu menjaga kestabilan gula darah. Selain itu bisa bantu menjaga energi positif dan mood. Sereal yang diperkaya dengan zat besi juga akan sangat baik untuk mencegah anemia saat sedang sedang haid.

Perbanyak Sayur dan Buah-Buahan Segar
Agar siklus haid teratur, kita perlu menjaga keseimbangan hormon. Dan salah satu cara untuk menjaga keseimbangan hormon adalah mengonsumsi banyak sayur dan buah. Wortel, paprika merah, buah jeruk, stroberi, mangga, hingga kecambah dan ubi manis sangat baik untuk dikonsumsi. Tapi pastikan pilih yang masih benar-benar segar, ya.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3
Ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon, telur ayam, telur bebek, kacang-kacangan, sayur bayam, sayur kangkung, kembang kol, yogurt, brokoli, selada, dan ikan air tawar merupakan makanan yang mengandung omega 3. Kita tetap butuh sumber lemak sehat agar tubuh bisa berfungsi dengan baik termasuk memiliki siklus haid yang rutin. Selain itu, mengonsumsi omega 3 yang cukup bisa bantu mengatasi gejala PMS dan meredakan nyeri haid.

Selain mengatur pola makan, penting juga untuk menjaga kestabilan emosi agar tak stres dan cukupi kebutuhan istirahat. Dengan begitu, kamu bisa mendapat siklus haid yang lebih teratur.

Semoga infonya bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading