Sukses

Beauty

Pakai Kontak Lensa Jangka Panjang Tingkatkan Risiko Kebutaan

Memakai kontak lensa memang bisa membuat seseorang terlihat memiliki mata yang lebih bulat, cantik dan mengesankan. Beberapa orang memilih memakai kontak lensa karena ingin terlihat lebih menarik. Tapi, tidak sedikit yang memakai kontak lensa demi kesehatan matanya.

Ngomongin soal penggunaan kontak lensa, studi terbaru yang dilakukan oleh beberapa ahli menemukan bahwa pemakaian kontak lensa untuk jangka panjang sangat tidak baik buat kesehatan. Beberapa ahli bahkan percaya bahwa pemakaian kontak lensa ini bisa meningkatkan risiko kebutaan, mengalami infeksi pada mata, tumbuh dan berkembangnya jamur serta bakteri penyebab berbagai sakit mata hingga risiko katarak.

Dikutip dari laman asiantown.net, studi terbaru menyebutkan jika penggunaan kontak lensa lebih dari 10 tahun menyebabkan risiko kebutaan hingga 50 persen. Ilmuwan mengklaim bahwa kamu yang memakai kontak lensa berisiko mengalami penumpukan bakteri dan mikroba di mata hingga enam kali lebih besar dari mereka yang tak memakai kontak lensa.

Penelitian yang dilakukan di University of Tennessee Health Science Center, Memphis, menemukan bahwa kontak lensa yang sangat sering dipakai dan tidak terjaga kebersihannya, memiliki risiko bahaya yang lebih besar.

Dr Jordan Masters, ahli kesehatan mata mengatakan, "Orang menilai bahwa kontak lensa aman. Sayangnya, penelitian terbaru menemukan bahwa kontak lensa yang dipakai secara terus menerus dan jangka panjang akan menjadi sangat berbahaya. Selain merusak kesehatan mata, bakteri yang terkandung di dalam kontak lensa juga sangat berisiko membahayakan kesehatan tubuh lainnya."

Agar mata selalu sehat dan kontak lensa yang dipakai tidak membahayakan mata, penting untuk memilih kontak lensa dengan kualitas baik dan menjaga kebersihannya. Penting juga bagi kamu agar tidak memakai kontak lensa terlalu sering. Gunakan kontak lensa seperlunya saja. Untuk lebih sehat lagi, selalu konsultasikan pemilihan serta pemakaian kontak lensa dari ahlinya atau dokter mata.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading