Sukses

Beauty

Selamatkan Telingamu, Cegah Gangguan Pendengaran Dengan Ini

Gangguan pendengaran umumnya memang banyak terjadi pada orang-orang lanjut usia. Namun, sebelum hal itu terjadi kamu dapat mencegahnya untuk meminimalisir terjadi risiko gangguan pendengaran. Lalu hal apa saja yang bisa mencegah gangguan tersebut?

Pencegahan gangguan pendengaran akibat bising (GPAB) bisa dilakukan dengan membatasi volume dan durasi penggunaan perangkat audio. Seharusnya  seseorang dapat mendengarkan musik dengan volume maksimal sekitar 60 persen dan durasi maksimal sekitar 60 menit. Selain itu ada beberapa pencegahan yang perlu dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Menghindari lingkungan yang bising
2. Menghindari suara keras
3. Menggunakan alat pelindung pendengaran ketika sedang bekerja
4. Mengurangi waktu paparan bising dengan mengatur waktu kerja
5. mengurangi intensitas atau kekerasan sumber bising pada pekerja industri.

"Semakin tua, akan semakin berisiko terkena gangguan pendengaran. Namun Usia 5 - 14 tahun pun bisa mengalami gangguan pendengaran, ini menjadi suatu permasalahan," papar dr. H. Mohammad Subuh, MPPM, Direktur Jenderal P2P, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Pencegahan gangguan pendengaran dilakukan untuk menghindari dampak buruk yang dapat terjadi. Seperti bagi orang dewasa, gangguan pendengaran dapat mempengaruhi komunikasi, emosional, dan hubungan sosial seseorang. Sedangkan untuk anak - anak akan mempengaruhi prestasi belajar dan mengganggu perkembangan wicara.

Semoga informasi ini bermanfaat. Mencegah lebih baik daripada mengobati Ladies.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading