Sukses

Beauty

Bukti Penelitian, Pil KB Ternyata Bisa Cegah Beberapa Kanker

Banyak wanita memilih mengonsumsi pil KB sebagai alat kontrasepsi. Hanya ketika merencanakan untuk hamil saja kamu berhenti mengonsumsi pil KB. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada manfaat lain pil KB selain mencegah kehamilan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynaecology baru-baru ini menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi pil KB akan terhindar dari beberapa jenis kanker paling tidak selama 30 tahun lamanya setelah mereka berhenti minum pil KB.

Penelitian dari University of Aberdeen menjelaskan bahwa wanita yang menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi kemungkinan kecil mengalami kanker perut, kanker endometrium dan kanker ovarium dibandingkan wanita yang tak pernah mengonsumsi pil KB.

Penelitian menganalisis 46.000 wanita selama 44 tahun dan mencoba melihat efek jangka panjang pil KB terhadap kesehatan tubuh. Bukan hanya menemukan bahwa para wanita bisa terhindar dari 3 macam kanker (perut, endometrium dan ovarium), wanita yang rutin minum pil kontrasepsi juga bisa mencegah risiko timbulnya kanker setelah tidak lagi minum pil KB hingga 30 tahun setelahnya.

Selain itu, peneliti juga melihat risiko dari semua jenis kanker pada wanita yang minum pil KB selama masa reproduktif dan menemukan bahwa minum pil KB mampu mencegah tubuh dari serangan berbagai kanker lainnya di kemudian hari.

Jadi, jika harus memilih alat kontrasepsi mungkin kamu bisa memilih pil KB saja ya dibanding alat kontrasepsi lainnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading