KAPANLAGI NETWORK
MORE

Kenali Penyebab Gigi Anak Berantakan & Maju ke Depan

Jum'at, 17 Maret 2017 15:52 Penulis: Reporter: Anisha Saktian Putri
Photo: Copyright Thinkstocphotos.com

Vemale.com - Mom, gingsul, susunan gigi tidak merata, gigi yang tumpah tindih, atau gigi maju ke depan memang banyak dialami anak-anak. Bahkan gigi tidak rapi tersebut akan terus menurus terjadi hingga dewasa, yang tentunya membuat kepercayaan diri anak perlahan menurun.

Ternyata gigi yang berantakan tersebut terjadi karena kebiasaan buruk sejak kecil. Menurut drg. Imelda Maharani, Sp.Ort dari Bamed Dental Care, banyak kebiasaan buruk yang tanpa disadari justru membuat gigi berantakan. Salah satu kebiasaan tersebut adalah mengisap ibu jari.

"Kebiasaan menghisap ibu jari menimbulkan daya dorong ke depan untuk gigi atas dan daya dorong ke dalam untuk gigi bagian bawah sehingga susunan gigi atas anak maju ke depan," ujar Imelda saat ditemui di Jakarta.

Selain itu, kebiasaan lain adalah menjulurkan lidah yang mengakibatkan gigi atas dan bawah terdorong ke depan atau maju. Bila sudah terjadi seperti itu, si kecil  akan mengalami kesulitan dalam mengunyah. Ini juga berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya.

Nah, anak suka gigitin kuku? Sebaiknya mulai saat ini kebiasaan tersebut dihentikan sebab dapat menyebabkan maloklusi atau susunan gigi menjadi tidak rata. Selanjutnya, mengisap bibir juga membuat gigi atas anak menjadi maju ke depan sedangkan gigi bawah anak menjadi mundur ke dalam.

Jadi Mom, mulai saat ini lebih perhatikan kebiasaan anak. Jika ia melakukan hal buruk tersebut segera hentikan.  Namun, jika sudah terlambat Mom dapat melakukan perawatan agar susunan giginya kembali normal.

"Perawatan yang bisa dilakukan pada anak antara lain menggunakan alat removable appliance untuk kasus sederhana tanpa diskrepansi rahang, alat fungsional appliance untuk kasus dengan diskrepansi rahang pada masa tubuh kembang atau alat fixed appliance," tutupnya.

(vem/asp/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : DIY: Fringe Jeans Kekinian, Bikin Celana Belelmu Modis Kembali