Sukses

Beauty

Olahraga Terus, Makan Dikit? Bukannya Langsing Malah Bikin Sakit

Olahraga bisa bikin tubuh sehat. Olahrag bisa membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Bahkan olahraga perlu dilakukan kalau mau punya tubuh langsing. Tapi itu bukan berarti kamu harus olahraga terus tapi nggak makan sama sekali lho ya.

Tubuh bisa jatuh sakit kalau terlalu divorsir untuk olahraga tapi tak mengimbanginya dengan makan yang cukup. Seperti yang dikutip oleh cosmopolitan.com, wanita yang banyak berolahraga namun tidak makan cukup cenderung akan menderita female athlete triad syndrome. Apa itu female athlete triad syndrome?

Female athlete triad syndrome merupakan suatu gangguan yang meliputi 3 gejala, yaitu siklus menstruasi tidak teratur, kurang bertenaga, dan kepadatan tulang yang rendah. Ahli bedah ortopedi sekaligus kepala kedokteran olahraga perempuan di Brigham and Women's Hospital, Boston, Dr Elizabeth Matzkin mengatakan bahwa banyak orang yang tidak memperhatikan hal itu. Padahal gangguan tersebut sangatlah berbahaya.


Elizabet juga mengatakan bahwa wanita yang berolahraga lebih dari satu jam per hari memerlukan asupan 3.500 kalori untuk mencukupi keperluan "bahan bakar" dalam tubuhnya. Sementara jumlah kalori sebanyak itu justru ditakuti kebanyakan wanita dewasa dan remaja karena takut gemuk atau khawatir berat badannya naik.

Sebenarnya wanita muda sangat disarankan untuk menjaga kepadatan tulangnya sebelum menginjak usia 25 tahun. Kenapa? Karena setelah mencapai usia 25 tahun, beberapa tulang yang keropos memang dapat diperbaiki, namun tidak akan bisa dikembalikan ke keadaan semula. Jadi penting banget ya mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dari konsumsi makanan sehat dan seimbang selain olahraga yang teratur.

Imbangi olahraga rutin dengan konsumsi makanan sehat yang seimbang untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading