Sukses

Beauty

4 Penyebab Mata Sembab Pas Bangun Pagi, Segera Cek Kesehatanmu

Sudah tidur cukup tapi pas bangun kok mata jadi agak sembab, ya? Malam sebelumnya pun nggak nangis tapi kenapa pas bangun mata jadi kelihatan agak bengkak? Ladies, pernahkah kamu mengalami hal tersebut?

Umumnya penyebab mata sembab adalah karena retensi cairan atau edema ringan yang masih tergolong normal dan nggak berbahaya. Tapi ternyata ada alasan lain yang jadi penyebab mata bengkak pas bangun di pagi hari. Seperti empat penyebab berikut ini yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuhmu.

Kelebihan Konsumsi Garam
Seperti yang dilansir oleh Medical News Today, kebanyakan konsumsi garam bisa menyebabkan edema atau pembengkakan dalam tubuh. Kalau tubuh kelebihan garam dan kekurangan cairan, maka tubuh akan mengondisikan diri agar terhindar dari dehidrasi, akibatnya mata jadi sembab. Makanan olahan dan aneka makanan instan biasanya mengandung sodium atau garam yang tinggi. Kalau kita menyadari konsumsi garam kita berlebihan, imbangi dengan banyak-banyak minum air putih.

Kekurangan Protein
Menurut Harvard Medical School, kurangnya protein di darah yang bisa disebabkan oleh malnutrisi, dan penyakit ginjal dan hati bisa menyebabkan pembengkakan di tumbuh. Hal ini terjadi karena rendahnya albumin di dalam darah kita. Padahal tugas albumin adalah untuk mengatasi kelebihan cairan dalam tubuh.

Fungsi Ginjal Tak Berjalan dengan Baik
Mata sembab atau bengkak saat bangun di pagi hari bisa jadi tanda penyakit ginjal. Bagaimana bisa? Menurut Medical News Today, penyebabnya bisa jadi karena ginjal tak bisa menghilangkan kandungan sodium dalam darah dengan baik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebanyakan sodium bisa menyebabkan edema. Ginjal yang tak berfungsi dengan baik seperti menghilangkan albumin juga bisa jadi penyebab penumpukan cairan dan menyebabkan mata sembab.

Menurut National Kidney Foundation, gejala lain dari penyakit ginjal kronis, antara lain mual, letih lesu, muntah-muntah, kaki dan pergelangan kaki bengkak, kurang nafsu makan, kulit kering dan gatal, punggung terasa sakit, dan sakit saat buang air kecil. Kalau selain mata sembab kamu juga mengalami gejala-gejala tersebut, segera hubungi dokter, ya.


Kebanyakan Konsumsi Karbohidrat
Kalau bangun tidur, mata sembab, coba cek apakah sebelumnya kamu kebanyakan mengonsumsi karbohidrat? Sebuah penelitian untuk National Institute of Health menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi bisa menyebabkan sekresi insulin dan retensi sodium berlebihan. Semakin banyak sodium yang ada di dalam tubuh, semakin banyak penumpukan cairan di dalamnya.

Itu tadi empat kemungkinan alasan yang jadi penyebab kenapa mata sembab dan kadang terlihat agak bengkak di pagi hari saat baru bangun tidur. Atur pola makanmu dengan baik, ya Ladies. Dan kalau kamu merasa ada yang nggak beres dengan tubuhmu, segera hubungi dokter.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading