Sukses

Beauty

Tidur Bukan Cuma Istirahat, Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu

Selama ini mungkin kita mengira kalau tidur itu mengistirahatkan tubuh. Mungkin kita berpikir kalau tubuh tak bekerja apa-apa saat kita tidur. Tapi ternyata tubuh juga "bekerja" dengan caranya sendiri saat kita tidur.

Ada banyak hal menarik yang terjadi pada tubuh saat tidur. Berikut beberapa faktanya. Mengetahui fakta ini kita akan menyadari betapa pentingnya tidur dalam kehidupan kita.

    Produksi Hormon Pertumbuhan

    Human growth hormone atau hormon pertumbuhan manusia akan diproduksi saat kita sedang terlelap. Seperti yang dilansir oleh brightside.me, hormon ini berfungsi untuk meregenerasi tulang, otot, dan jaringan tubuh. Saat kita tidur, produksi hormon ini diaktifkan di seluruh bagian tubuh. Hormon ini juga berperan dalam proses penyembuhan luka dan pembaruan sel-sel tubuh. Saat kita masih kecil, hormon inilah yang berperan besar dalam tumbuh kembang kita.

    Hormon Seks Aktif

    Baik pria maupun wanita bisa merasakan gairah seks saat tidur. Fenomena ini terjadi karena aktivitas otak yang tinggi selama fase rapid eye movement ketika kita tidur, sehingga otak membutuhkan lebih banyak oksigen dan aliran darah pun mengalir lebih cepat. Hal ini juga berpengaruh pada organ-organ tubuh dalam tubuh, termasuk organ intim, sehingga hormon seks juga ikut aktif.

    Pemulihan Otak

    Para peneliti di University of Rochester menemukan bahwa saat kita tidur, otak kita membuang racun yang menumpuk seharian. Mekanisme yang aktif saat kita tidur ini disebut glymphatic system. Jadi otak akan memulihkan dirinya dan membuang informasi yang tak penting. Sementara info yang penting atau berguna akan disimpan.

    Otot-Otot Tubuh Seakan Lumpuh

    Saat memasuki fase Rapid Eye Movement (REM), otot-otot anggota badan akan lumpuh dan tak bisa digerakkan. Kondisi ini hanya berlangsung sementara saja. Tapi orang yang menderita narkolepsi bisa merasakan kelumpuhan ini saat bangun atau membuka mata.

Itu tadi empat hal yang umumnya terjadi pada tubuhmu saat kamu tidur. Tidur memang sebuah kebutuhan penting. Bahkan kesehatan dan kebugaran bisa tetap terjaga dengan baik saat kita mendapat tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading