Sukses

Beauty

Kebiasaan Kayak Gini Nih yang Bikin Kondisi Haidmu Parah

Saat sedang haid atau datang bulan, badan rasanya sakit semua. Gampang capek dan rasanya nggak bisa bergerak aktif seperti biasa. Belum lagi dengan mood yang nggak stabil, bawaannya uring-uringan dan marah-marah melulu.

Ladies, biar kondisi haidmu nggak makin parah, ada sejumlah kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari. Mulai dari soal pola makan hingga aktivitas selama haid. Selengkapnya, yuk kita bahas di sini. Kalau nggak mau merasa tersiksa saat haid, hindari kebiasaan-kebiasaan ini ya.

    Mengonsumsi Junk Food

    Biasanya kalau lagi bete, bad mood, atau sensi, dorongan untuk ngemil atau mengonsumsi junk food akan sangat besar. Dan biasanya pilihan jatuh pada junk food yang mengandung banyak gula, garam, dan pengawet. Seperti yang dikutip oleh familyshare.com, gula bisa menyebabkan inflamasi dan bikin nyeri haid makin parah. Tak hanya itu, kebanyakan konsumsi garam, kita bisa mengalami kembung. Bahkan olahan berbasis susu sapi bisa merusak keseimbangan hormon dan menyebabkan kembung serta nyeri haid yang parah.

    Tak Mencukupi Kebutuhan Protein

    Jangan abaikan pentingnya asupan protein selama haid. Protein sehat yang terkandung di daging ayam, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian sangat diperlukan untuk membuat haidmu tak terlalu menyiksa. So, cukupi kebutuhan protein tubuhmu selama haid ya Ladies.

    Mager Parah

    Sering mager (males gerak) saat haid? Kondisi mager ini sebenarnya bisa membuat kondisi haidmu makin parah, lho Ladies. Sebaiknya tetap gerakkan tubuh secara aktif selama haid. Tak perlu olahraga berat, kok. Cukup yang ringan-ringan saja. Dengan begitu, nyeri haid bisa berkurang dan hormon endorfin dalam tubuh bisa bekerja optimal.

    Tak Mencukupi Kebutuhan Zat Besi

    Anemia sering dialami wanita yang sedang haid. Salah satu gejala umum anemia adalah rasa lelah yang luar biasa. Penuhi zat besi tubuhmu selama haid. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

    Begadang

    Begadang dan kurang tidur juga bisa membuat tubuhmu jadi sangat letih. Terlebih saat haid, kamu butuh istirahat yang cukup agar kesehatan terjaga. So, penting untuk tidak begadang atau tidur terlalu larut saat sedang haid ya Ladies.

Kalau nggak mau kondisi haidmu makin parah dan menyiksa, hindari deh kebiasaan-kebiasaan di atas. Semoga infonya bermanfaat, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading