Sukses

Beauty

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mata Cantikmu

Bersyukurlah kita diberi mata yang sehat dan memiliki daya penglihatan yang baik. Penting sekali untuk menjaganya agar terhindar dari sejumlah gangguan atau masalah kesehatan mata. Jangan sampai kita teledor dan melakukan kebiasaan yang malah bisa merusak mata cantik kita.

Ladies, tahukah kalau ada sejumlah kebiasaan buruk yang dapat melemahkan kemampuan penglihatan hingga membuat mata bermasalah? Seperti sejumlah kebiasaan berikut ini. Mungkin sepele tapi kalau kamu bisa menghindarinya maka mata cantikmu akan selalu terjaga kesehatannya.

    Kebiasaan Begadang dan Kurang Tidur yang Cukup

    Ini nih salah satu kebiasaan yang mungkin dilakukan oleh sebagian besar orang dewasa, begadang. Hal ini bukan hanya buruk untuk kesehatan tubuh dan otak, namun juga berpengaruh besar terhadap kesehatan matamu. Jika mata lelah secara terus-menerus, tidak hanya akan menjadikan mata merah, pedih, dan kering, namun juga menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata dan pandangan kabur. Mata jadi nggak cantik lagi kalau jam tidur kurang.

    Mengucek atau Menggosok Mata Terlalu Keras

    Seperti yang dilansir oleh allaboutvision.com, kulit di sekitar mata bisa jadi yang pertama kali menunjukkan penuaan, karena selain halus juga tidak memiliki banyak lemak. Kalau kamu sering mengucek atau menggosok mata terlalu keras saat mata gatal atau terkena debu, maka pembuluh darah kecil pada bagian bawah mata bisa pecah dan hal ini mampu menimbulkan lingkaran gelap di bawah mata atau bengkak. Lebih parah dari itu, dampaknya bisa melemahkan kemampuan kelopak mata untuk berkedip. Agak ngeri, ya.

    Kebiasaan Merokok

    Merokok tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Bahkan mungkin bisa dibilang bahwa 95% dari rokok tidak memiliki kandungan manfaat untuk kesehatan. Kabar buruknya lagi, para perokok aktif yang menghabiskan lebih dari 4 batang rokok per hari bisa mendapat risiko tinggi terkena katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering, diabetes retinopati, sampai berisiko mengalami kebutaan.

    Tak Mencukupi Kebutuhan Air Minum yang Cukup

    Kurangnya asupan minum delapan gelas air per hari dapat menyebabkan tubuhmu dehidrasi. Apa akibatnya? Salah satu akibatnya adalah air mata yang dihasilkan tidaklah cukup untuk menjaga mata tetap lembab dan mendapatkan gizi seimbang. Gejala-mata terkait dehidrasi meliputi mata kering, kemerahan dan bengkak pada kelopak mata.

    Kebiasaan Malas Makan Buah dan Sayur

    Saatnya untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda. Kalau mau sehat, maka buah dan sayur adalah pilihan yang tepat. Banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan mata yang hanya bisa didapat dari buah dan sayur, khususnya yang mengandung vitamin A. Jadi, perbanyak porsi asupan gizi penting ini setiap harinya ya, Ladies.

Itu tadi sejumlah kebiasaan paling dasar yang perlu dihindari kalau ingin memiliki mata yang cantik dan sehat. Semoga info tersebut bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan mata dari sekarang.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading