Sukses

Beauty

Ketahui, Ini Takaran Yang Pas Untuk Mengonsumsi Gula Per Hari!

Rasa manis memang menjadi favorit setiap orang. Kita tidak bisa menolak lezat cokelat atau minuman manis lainnya. Namun, seperti yang kita ketahui, mengonsumsi gula berlebih bisa menyebabkan penyakit berbahaya, salah satunya diabetes.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari masalah besar tersebut, sebab masyarakat berpikir penyakit ini adalah penyakit turunan.

“Saat ini, penyebab diabetes bukan hanya karena riwayat keluarga, tapi juga perubahan pola hidup. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujar dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, saat ditemui di Jakarta.

Untuk menghindari risiko tersebut, sebaiknya kita memantau banyaknya asupan gula yang masuk dalam tubuh. Menurut dr. Mulyani, sesuai Permenkes 2013, asupan gula ideal per hari adalah sekitar 50 gram atau 4 sendok makan.

“Sudah termasuk gula yang diperoleh dari makanan alami seperti buah, sayur, dan susu,bukan hanya gula pasir,” tutur dr. Mulyani

Dokter Mulyani menambahkan, kini sudah tersedia berbagai pemanis yang sudah disetujui dan dinyatakan aman dikonsumsi oleh WHO, seperti sukralosa, aspartame, acesulfame-K, dan stevia.

Selain itu, dr. Mulyani menyarankan untuk rajinlah aktivitas fisik atau olahraga. Kehadiran jasa-jasa online saat ini juga membuat aktivitas fisik seseorang berkurang. “Jika dulu ingin membeli makanan, maka kamu harus berjalan dulu untuk mendapatkannya. Sekarang, cukup menggunakan ponsel. Jadi tubuh kita ngga bergerak,"kata dr. Mulyani.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading