Sukses

Beauty

5 Penyebab Tak Sehat Yang Bikin Detak Jantung Tidak Wajar

Jantung adalah organ tubuh yang paling hard worker, tak berhenti bekerja. Tak pernah istirahat barang sejenak saja, dan karena inilah kamu berkewajiban menjaga kesehatannya. Karena ketika jantung berhenti berdetak, di situlah akhirmu.

Tapi detak jantung juga perlu diperhatikan. Bukan berarti jantungmu terus berdenyut, maka kamu sehat dan akan terus hidup. Karena seberapa cepat denyut jantungmu ternyata juga mengindikasikan seberapa sehat tubuhmu. Semakin cepat maka semakin tak sehat. Ini beberapa penyebab jantungmu berdetak lebih cepat.

    Dehidrasi

    Tidak cukup minum hingga tubuh dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah menurun dan tidak seimbangnya elektrolit tubuh bisa membuat jantung bekerja lebih cepat atau berdebar cepat. Caranya gampang, minumlah cukup tiap harinya.

    Kafein

    Laxmi Mehta, M.D., direktur Woman’s Cardiovascular Health Program di Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan, setiap minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan ritme debaran jantung abnormal, menstimulasi detak jantung lebih cepat. Kurangi konsumsi kopi agar detak jantung bisa stabil dan normal ya ladies.

    Stres

    Dokter Laxmi Mehta mengatakan bahwa stres juga memicu percepatan denyut jantung. Tubuhmu yang penuh tekanan dan pikiran memicu mekanisme pertahanan tubuh sehingga meningkatkan kecemasan. Agar detak jantung kembali santai, lakukan latihan pernapasan. Bernapaslah yang dalam dan lakukan latihan relaksasi.

    Asam lambung

    Orang yang punya maag dan sering mengalami tinggi asam lambung akan sering mengalami percepatan detak jantung. Ini karena letak esofagus yang dekat dengan jantung, membuat area sekitar jantung iritasi.

    Kebanyakan makan

    Karena makanan bisa membuat perut melar, apalagi yang berlemak, bisa memicu detak jantung cepat. Ini karena jantung harus bekerja keras melakukan pembakaran energi untuk membantu proses pencernaan. Jadi, mulai sekarang makan secukupnya agar jantung tidak terlalu keras bekerja ya.

Sekarang tahu kan, apa saja yang mungkin buruk buat jantungmu? Hindari sekian hal di atas dan mulailah perhatian dengan jantungmu ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading