Sukses

Beauty

Kurangi Konsumsi Lada Hitam Jika Tak Ingin Derita Masalah Ini

Masakan yang diberi bumbu berupa lada hitam memang akan terasa lebih sedap, menggugah selera dan enak. Hanya saja, konsumsi lada hitam berlebih bisa sangat berisiko buruk buat kesehatan. Lada hitam yang memiliki rasa pedas unik dan aroma khas adalah bumbu masakan yang umum digunakan di berbagai dunia.

Di beberapa sisi, lada hitam adalah bumbu masakan atau rempah yang sangat menyehatkan karena mengandung antioksidan, enzim, protein dan vitamin di dalamnya. Tapi, di sisi lain lada hitam bisa menjadi penyebab beberapa masalah kesehatan yang cukup serius. Dikutip dari laman prevention.com, konsumsi lada hitam berlebih berbahaya buat kesehatan. Bahaya tersebut adalah sebagai berikut.

    Masalah Pencernaan

    Lada hitam atau merica hitam adalah bumbu masakan yang bersifat pedas. Jika kita nekat mengonsumsinya dalam jumlah banyak atau berlebih, ini bisa membuat sistem pencernaan menjadi bermasalah, perut sakit, hingga infeksi di usus.

    Masalah Pernafasan

    Senyawa yang terdapat di lada hitam bisa membuat tenggorokan sakit dan bermasalah. Ini juga bisa membuat sistem pernafasan menjadi tidak terjaga dengan baik. Terlalu sering konsumsi lada hitam apalagi dalam jumlah yang besar bisa meningkatkan risiko masalah pernafasan.

    Kulit Kering

    Konsumsi lada hitam secara berlebih bisa membuat kulit jadi kering dan mudah bersisik. Tak hanya itu saja, konsumsi lada hitam juga meningkatkan risiko iritasi pada kulit dan gatal-gatal.

    Berisiko Menyebabkan Kesulitan Kehamilan

    Buat kamu yang sedang menjalankan program kehamilan, usahakan agar tidak mengonsumsi lada hitam secara berlebih. Konsumsi lada hitam secara berlebih justru bisa berakibat buruk buat kesehatan dan kesuburan kandungan kamu. Para ahli percaya jika sifat panas dan pedas pada lada hitam akan meningkatkan risiko keguguran dan kurang suburnya kandungan.

    Membuat ASI Terasa Pedas

    ASI adalah makanan utama bagi bayi khususnya mereka yang baru lahir. Jika saat ini kamu sedang menyusui dan ingin memberikan nutrisi penting buat buah hati, pastikan untuk tidak konsumsi lada hitam berlebih. Sifat panas dan pedas dari lada hitam bisa diserap oleh ASI yang nantinya dikonsumsi buah hati dan menyebabkan masalah pada kesehatan buah hati.


Ladies, itulah beberapa bahaya dari konsumsi lada hitam berlebih. Tak apa jika kamu suka dengan lada hitam. Hanya saja, usahakan agar mengonsumsinya dengan jumlah tepat dan tidak berlebih. Karena pada dasarnya, semua yang berlebihan tak baik buat kesehatan. Sama dengan cabai, lada hitam yang bersifat panas dan pedas bisa menyebabkan berbagai masalah jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading