Sukses

Beauty

Bekerja Seharian Tanpa Istirahat, Ini Bahayanya Bagi Tubuhmu

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Makin mepetnya tenggat waktu yang harus dipenuhi setiap harinya. Semua itu kadang membuat kita memvorsir tenaga dan energi kita untuk bekerja seharian. Sampai-sampai tak meluangkan waktu untuk istirahat.

Padahal bekerja tanpa istirahat itu bisa memberi dampak yang sangat negatif. Sekalipun kamu merasa baik-baik saja, bekerja tanpa istirahat bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Dan kalau dibiarkan terus menerus, bisa-bisa kondisi tubuhmu makin parah. Mari kita bahas sejumlah efek bahaya bila kamu seharian bekerja keras tanpa meluangkan waktu untuk istirahat.

    Berisiko Obesitas

    Buat kamu yang sehari-hari bekerja dengan duduk di depan komputer, perlu waspada dengan risiko obesitas. Jadi begini, terlalu banyak duduk dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik adalah penyebab utama penumpukan lemak tubuh dan memicu tingginya kadar gula darah. Belum lagi, saat tekanan kerja menghadang, kebanyakan orang akan terjerumus dalam kebiasaan ngemil yang akan memperbesar kemungkinan obesitas saat bekerja.

    Pandangan Mata Kabur dan Pusing

    Melihat layar komputer berjam-jam lamanya tanpa sering berkedip bisa membuat mata kering. Hal ini menjadi alasan kita seriang mengalami pandangan kabur, jadi mudah pusing, dan bahkan mengalami tekanan pada bola mata. Untuk mengatasinya ada tips mudah yang bisa kamu lakukan. Biasakan untuk melihat ke kejauhan selama 20 menit sekali demi mengistirahatkan mata.

    Menurunnya Kepekaan Indera Pendengaran

    Sering bekerja berjam-jam dengan mendengarkan musik melalui headset? Memang menyumpal telinga dengan headset atau earphone untuk mendengarkan musik favorit mungkin akan membantumu lebih konsentrasi dan meningkatkan mood. Cuma jangan sampai berlebihan. Kalau kelamaan atau mendengarkan musik melalui headset dengan volume keras dampaknya nanti bisa menurunkan kemampuan pendengaran. Sehingga kamu berisiko tidak lagi begitu peka terhadap suara.

    Risiko Nyeri Punggung dan Tubuh Punggung

    Sudahkah kamu duduk dengan benar selama bekerja? Karena duduk terlalu lama, kemungkinan besar kamu tidak menjaga postur tubuh saat mengetik di depan komputer. Apa dampaknya? Hal ini bisa menyebabkan tubuh kamu bungkuk dan kamu bisa mengalami nyeri punggung yang membahayakan.

    Menurunnya Kemampuan Berpikir Otak

    Bekerja terus menerus tanpa henti bisa mempengaruhi kemampuan dan fungsi otak. Mengetik dan fokus pada satu hal terus-menerus bisa menurunkan kemampuan imajinasi, kreativitas, dan memori. Kalau tak diimbangi dengan istirahat yang baik, kamu bisa mengalami stres. Terlalu keras bekerja bisa menyebabkan stres. Kondisi stres ini bisa memicu produksi hormon yang membuatmu tidak bahagia, gampang marah, lelah dan memperburuk kesehatan. Stres yang ditumpuk bisa jadi penyakit, baik mental maupun fisik.

    Meningkatnya Risiko Terkena Penyakit Jantung

    Penyakit jantung berhubungan erat dengan aktivitas harian kamu. Kamu bisa berisiko tinggi terkena penyakit jantung bila kurang aktif bergerak setiap harinya. Apalagi jika kamu duduk terus berjam-jam lamanya, kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.



So, penting sekali untuk menjaga keseimbangan dalam kegiatan sehari-hari. Bekerja keras boleh saja tapi jangan sampai jadi cuek sama kondisi tubuh dan kesehatan mentalmu. Tetap imbangi kerja kerasmu dengan istirahat yang cukup. Selain itu, jaga pola makanmu juga ya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading