Sukses

Beauty

Ini Alasan Para Pria Lebih Suka Wanita Kurus Dibanding Yang Gemuk

Jika ditanya apakah para pria lebih suka wanita yang kurus atau yang gemuk, kemungkinan besar mereka akan memilih yang kurus. Namun tahukah kamu apa alasan para pria lebih memilih wanita kurus atau langsing dibandingkan wanita gemuk?

Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah lho, ladies. Menurut penelitian dari University of Aberdeen, para pria melihat wanita berbadan kurus lebih menarik karena mereka menghubungkan bentuk tubuh wanita dengan penampilan awet muda, tingkat kesuburan dan rendahnya risiko penyakit. Dengan kata lain, wanita kurus terlihat lebih sehat dan lebih muda (karena tubuh gemuk identik dengan bentuk tubuh ibu-ibu).

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa 'evolusi kebugaran' memegang peran penting penilaian pria tentang menarik atau tidaknya tubuh wanita. Profesor John Speakman, kepala koordinasi penelitian, mengatakan bahwa evolusi kebugaran dinilai dari dua hal, yaitu kemampuan bertahan hidup dan kemampuan bereproduksi.

Wanita gemuk kemungkinan tidak mampu bertahan hidup dalam umur panjang karena tubuhnya rawan terserang penyakit. Para dokter juga menyebutkan bahwa kegemukan pada wanita bisa menyulitkan mereka untuk hamil atau mengandung anak secara sehat.

copyright by shutterstock.com

Para peneliti mencoba menghitung secara matematika kombinasi antara tingkat obesitas, perkiraan panjang usia dan kesuburan wanita. Ditemukan bahwa wanita dinilai menarik secara fisik jika mereka memiliki body mass index (BMI) sebesar 24 hingga 24,8.

Peneliti kemudian menguji prediksi tersebut pada 1.300 orang, baik pria maupun wanita dari berbagai negara. Partisipan ditunjukkan 21 gambar wanita dengan berbagai (tingkat kegemukan) bentuk tubuh berbeda dan meminta mereka memberi peringkat mana yang paling tidak menarik dan mana yang paling menarik.

Ternyata hasilnya tidak sesuai prediksi, mayoritas menilai wanita dengan BMI sekitar 19 lah yang dianggap paling menarik. Sekali lagi, yang menjadi alasan mereka menilai wanita kurus lebih menarik adalah, karena semakin gemuk tubuh wanita maka semakin kelihatan tua. Semakin gemuk, semakin tidak menarik.

Hal ini bersifat kebalikan dengan penilaian standar kecantikan wanita zaman dahulu yang menganggap wanita gemuk sebagai simbol kekayaan. Wanita gemuk terlihat lebih makmur dan lebih feminin. Namun semakin ke sini, mereka mungkin semakin sadar bahwa tubuh gemuk tak hanya membuat wanita kelihatan lebih tua dari umurnya, tapi juga memperbesar risiko terserang penyakit dan justru mempercepat kematian.

Tuh ladies, berat badanmu saat ini sudah ideal belum? Sudah termasuk BMI angka 19 belum? Jika belum, yuk jaga kesehatan dan berat badan dari sekarang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading