Sukses

Beauty

Selain Mengurangi Gula, Ini Tips Mencegah Gigi Cantikmu Rusak!

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi rusak, ternyata nggak cukup hanya mengurangi konsumsi gula saja. Ada banyak tips lain yang perlu kita ikuti agar kesehatan gigi bisa terus terjaga. Selain sikat gigi rutin setiap hari, kita juga perlu memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi.

Menjaga pola makan jadi salah satu kunci penting menjaga kesehatan gigi dan gusi. Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, kalau makanan yang kita konsumsi mengandung nutrisi dan antioksidan yang ditemukan di sayur, kacang-kacangan, dan buah-buahan, maka kesehatan gigi dan gusi pun bisa ikut terjaga dengan baik. Berikut tips-tips sederhana lain yang bisa langsung dicoba, Ladies.

Konsumsi Makanan/Minuman Berkalsium
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kalsium memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga bisa membantu membersihkan plak dan menjaga napas tetap segar. Produk berbahan dasar susu kaya akan kalsium dan vitamin D yang bisa mencegah risiko gigi berlubang dan gangguan kesehatan gigi lainnya.

Kalau tidak suka susu atau produk yang berbahan dasar susu, kita bisa menjadikan sayuran mentah dan buah-buahan segar sebagai alternatifnya.


Camilan Sehat dan Enak untuk Gigi
Ada sejumlah camilan sehat yang baik untuk kesehatan gigi. Beberapa di antaranya adalah keju, kacang almon, kismis, dan yogurt. Penting juga untuk berkumur setelah ngemil. Apa tujuannya? Tujuannya untuk mencegah hilangnya lapisan email gigi. Gigi kita bisa mengalami kerusakan akibat bakteri penghasil asam bahkan setelah 20 menit kita menelan makanan.

Jangan Berlebihan Mengonsumsi Makanan Asam
Selain asam yang disebabkan oleh bakteri, jenis makanan tertentu yang mengandung asam juga kurang baik untuk gigi. Jenis makanan dan minuman seperti buah jeruk, kopi, makanan hasil fermentasi, daging, acar, minuman bersoda, dan buah tomat bisa merusak gigi bila dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi gigimu termasuk jenis gigi yang sensitif, perlu sangat berhati-hati bila mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam.

Setelah makan atau minum yang asam-asam, ada baiknya untuk segera berkumur dengan air. Ini merupakan tindakan pencegahan paling sederhana untuk menetralkan kembali kadar asam di dalam mulut.


Minum Teh Hijau
Teh hijau diyakini bisa mengontrol bakteri dan menurunkan risiko gigi berlubang. Sebab kandungan teh hijau bisa bantu mengurangi kadar asam air liru. Komponen anti radang dalam teh juga bisa bantu mencegah terjadinya penyakit gusi dan gigi. Selain itu, teh hijau juga dipercaya bisa mencegah terjadinya kerusakan sel dan munculnya tumor.

Menjaga pola makan yang sehat jadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi. Pastinya juga harus diimbangi dengan sikat gigi yang rutin dan memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya Ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading