KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KELUARGA

Disiplin Tidak Selalu Identik dengan Kekerasan, Berikut Tipsnya

Rabu, 26 Oktober 2016 12:45 Penulis: Ayu Puji Lestari
Foto Copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Melatih si kecil untuk disiplin perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting agar si kecil terbiasa melakukan hal baik. Segala sesuatu yang dilakukan dengan teratur dan rutin akan membentuk satu kebiasaan. Tentu tidak perlu bentakan bahkan cubitan untuk membuat si kecil disiplin. Hal yang sederhana dan lembut justru akan membuatnya lebih menuruti permintaan Mom.

Mom, berikut adalah cara untuk melatih disiplin pada anak-anak tanpa menggunakan kekerasan.

  • Katakan dengan Tegas

    Saat si kecil tidak mau membereskan mainannya, katakan dengan tegas bahwa Mom memintanya untuk membereskan mainan setelah memakainya. Ucapan yang tegas bukan berarti memarahinya atau membentak. Jelaskan dengan gamblang, bahwa mainan yang selesai dimainkan harus dibereskan.

  • Berikan Penjelasan

    Jelaskan tentang hal buruk yang dapat terjadi saat si kecil tidak dapat disiplin. Jelaskan dengan sederhana, tidak perlu terlalu panjang. Kalimat yang panjang justru dianggap sebagai omelan yang membuatnya merasa tidak nyaman.

  • Sesekali Berikan Kompromi

    Setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda tentang satu masalah. Maka cobalah untuk berkompromi dengan keadaan. Tindakan kompromi ini akan membuatnya merasa lebih berhati-hati dan sangat penting untuk perkembangan pola pikirnya.

  • Ajarkan Tentang Konsekuensi

    Memberikan penjelasan tentang konsekuensi akan membuat anak memahami manfaat disiplin. Misalnya konsekuensi bangun siang akan membuatnya terlambat berangkat ke sekolah dan hal lainnya. Penjelasan yang logis akan melatihnya untuk mengembangkan pola pikirnya.

  • Konsisten dengan Aturan yang Mom Buat

    Saat Mom membuat aturan tentang satu hal, berusahalah untuk konsisten. Selama Mom konsisten maka anak akan belajar disiplin untuk mematuhinya. Karena hal yang dipahami anak adalah ia belum mampu membuat keputusan yang lebih baik, maka ia akan mencontoh Mom.

Nah, demikian 5 hal yang dapat Mom lakukan untuk melatih disiplin pada anak. Sikap disiplin yang ditanamkan sejak dini akan bermanfaat untuknya di masa yang akan datang. Selamat mencoba.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA